Wisata

Trik Liburan Tanpa ke Hotel, Jalan-jalan ke Korea Jadi Lebih Hemat

Korea-lover.com – Korea telah menjadi negara yang memiliki sejuta alasan untuk dikunjungi, apalagi setelah munculnya Korea Wave. Selain warisan budaya dan kulinernya yang menggugah selera, banyak destinasi wisata menarik seperti Nami Island yang terkenal melalui drama Winter Sonata.

Saat melakukan traveling ke Korea, nggak mungkin kan kalau hanya sehari doang? Tentu traveler butuh penginapan. Akomodasi ini ternyata cukup menguras kantong loh, jadi harus cerdik memilih penginapan. Sebenarnya, para traveler bisa loh menikmati liburan hemat di Korea tanpa perlu pesan hotel. Penasaran? Yuk, simak trik liburan tanpa ke hotel berikut.

Memanfaatkan Jjimjilbang (Sauna)

pemandian air panas Jjimjilbang
Sumber: www.10mag.com

Para penggemar K-Drama tentunya sudah nggak asing lagi nih denger kata Jjimjilbang. Jjimjilbang merupakan sebuah sauna atau pemandian air hangat. Beda dengan pemandian air hangat di Indonesia, sauna di Korea memiliki fasilitas yang sangat lengkap seperti tempat mandi uap, restauran, kamar mandi dan tempat tidur. Di sauna ini, setiap pengunjung akan mendapatkan sepasang baju, handuk, matras tipis dan bantal untuk beristirahat.

Sauna di negeri para oppa kece ini buka 24 jam loh, jadi bisa dimanfaatkan para traveler untuk menginap. Bahkan, banyak juga orang Korea yang menginap di sauna ketika mereka kabur dari rumah. Harga masuk sauna juga terbilang murah, sekitar 5.000-15.000 won pegunjung sudah bisa mandi air hangat dan mendapat tempat menginap.

Menginap di Hostel Dormitory

Alternatif lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat menginap selain hotel yaitu hostel. Kalau di Indonesia, hostel ini serupa dengan asrama atau kos-kosaan harian, hanya saja hostel di Korea berbentuk dormitory dimana dalam satu kamar bisa diisi 6-10 orang. Jadi, traveler nantinya akan satu kamar dengan para traveler lainnya.

Selain harganya yang lebih hemat daripada hotel, menginap di hostel akan membuat perjalanan kamu berasa menyenangkan karena banyak teman. Bahkan ada juga lo hostel bernuansa islami yang cocok untuk traveler Indonesia yiatu Eid Guesthouse. Biaya menginap di hostel ini sekitar 10.000-25.000 won.

Menjadi Guru Les

Trik liburan hemat tanpa pesan hotel lainnya yaitu dengan menjadi guru les. Saat melakukan traveling ke Korea, kamu bisa melakukan hal yang berguna dengan menjadi guru les Bahasa Inggris dan mendapatkan penginapan gratis sebagai imbalannya. Selain tempat tidur gratis, kamu juga bakal dapat makan gratis loh sahabat Korea Lover. Bahkan, ada juga beberapa orang tua yang tetap memberikan tip.

Mencari Host Family

Selain menjadi guru les, cara lainnya untuk mendapatkan penginapan gratis yiatu dengan mencari host family yang mau menampung kamu selama di Korea. Host family ini dapat dicari melalui beberapa situs online seperti Global Freeloaders, Couchsurfing maupun Helpx. Selain tempat tidur gratis, keluarga yang dijadikan host juga memberi makan gratis.

Nah, itulah tadi beberapa tips liburan hemat ke Korea tanpa pesan hotel. Gimana sahabat Kore Lover? Tertarik nggak nih buat mencobanya?

Leave a Reply

2 × two =