Korean Culture

Uniknya Tradisi Ulang Tahun di Korea Selatan (Doljanchi)

Doljanchi

Korea-Lover.com – Ternyata nggak cuma suku-suku di Indonesia saja yang merayakan ulang tahun dengan cara spesial. Tradisi ulang tahun di Korea Selatan juga unik. Bahkan di jaman yang masih modern seperti sekarang orang Korea masih menjunjung tradisinya. Salah satunya adalah Doljanchi.

Doljanchi ini merupakan perayaan ulang tahun pertama seorang bayi (umur 1 tahun kalender masehi, tapi 2 tahun kalau hitungan Korea). Perayaan ulang tahun ini dirayakan begitu meriah dengan mengundang teman-teman dan sanak saudara di sana. Jadi, bagi orang sana, tahun pertama seorang bayi adalah tahun paling penting karena ini merupakan waktu bayi masuk ke dalam kehidupan.

Perlu kita tahu, tradisi Doljanchi ini sebagai rasa syukur dan permohonan kesejahteraan dan umur panjang. Jaman dulu, di negeri Korea angka kematiannya sangat tinggi. Kabanyakan disebabkan oleh ekonomi yang belum makmur.

Yang Menarik dari Tradisi Ulang Tahun di Korea Selatan (Doljanchi)

Upacara Doljabi

Tradisi ulang tahun Korea Selatan

Upacara ini sedikit mirip dengan beberapa suku di negara kita ya. Dalam upaca Doljabi, si bayi nanti akan memilih benda yang disiapkan dan setiap benda yang disediakan ini punya makna sendiri, terutama bidang karir. Bila si bayi memilih buku atau kuas, maka dipercaya saat dewasa akan tumbuh menjadi seorang ilmuan. Jika mengambil beras, si bayi dipercaya akan jadi orang kaya. Nah, bila memilih kue, si bayi dipercaya kelak akan menjadi pejabat. Atau, kalau sampai memilih pedang atau panah akan jadi pemimpin. Yang terakhir adalah benang, kalau sampai memilih benang, umur bayi akan panjang.

Sajian Makanannya Banyak

Makanan khas Doljanchi

Tetep ya, apa pun acaranya, sajian makanan tetep banyak banget. Dan jangan lupa, tradisi ulang tahun di Korea Selatan selalu mengikutan Miyeokguk (sup rumput laut) dan kue beras. Menu lain yang kebanyakan disediakan adalah Bulgogi, aneka sayur, buah dan lain sebagainya. Makanan ini akan dibagikan ke tetangga, kerabat dekat dan teman dengan harapan rejeki yang datang semakin besar.

Tradisi lain yang kerap dilakukan keluarga di Korea adalah menyimpan kue beras sampai anak berusia 10 tahun. Nah, kue ini setelah 10 tahun akan berubah jadi kemerahan dan dipercaya sebagai jimat ampuh untuk mengusir roh jahat.

Baca Juga: Baju Tradisional Korea Hanbok Ternyata Hitungannya Masih Lebih Modern Ya?

Umur Orang Korea Selalu Lebih 1 Tahun

Doljanchi

Tradisi ulang tahun di Korea Selatan memang unik. Nah, ada satu hal yang patut kita ingat, orang Korea umurnya selalu ditambah 1. Jadi selama di kandungan, umur mereka sudah dihitung satu tahun. Dan tradisi ini ternyata tidak hanya ada di Korea saja, Jepang dan Mongolia juga menerapkan hal sama. Cuma dua negara ini sekarang sudah mengikuti kalender masehi, jadi sudah tidak berlaku lagi. Jadi Doljanchi ini dirayakan setahun setelah kelahiran anak.

Leave a Reply