Film

Sinopsis Resistance: Yu Gwan Sun’s Story (Kisah Pilu Gadis Muda Yang Menyuarakan Kemerdekaan Korea)

Korea-lover.com – Yang suka dengan film based on true story, sinopsis Resistance: Yu Gwan Sun’s Story kayaknya bakal membuat kalian penasaran! Film yang berdasarkan kisah nyata ini rencananya akan tayang di bioskop setempat pada 27 Februari 2019.

Jarang banget ada film sejarah Korea Selatan belakangan. Dengan hadirnya film ini dipastikan bakal jadi refreshing ditengah banyaknya film dan drama ber-genre komedi dan fantasi romantis. Perlu diakui sih kalau pembuatan film yang merujuk pada fakta sejarah itu sangatlah tidak gampang. Apa lagi kalau membawa sejarah kelam negeri ginseng ini.

Ada beberapa film dan drama yang membawa cerita sejarah, sayangnya kebanyakan diadaptasi dari novel. Meski demikian, kita sangat memaklumi karena sejarah merupakan sisi sensitif di negara apa pun itu.

Daftar Pemain Resistance: Yu Gwan Sun’s Story

  • Ko Ah Sung berperan sebagai Yu Gwan Sun
  • Kim Sae Byuk
  • Jeong Ha Dam
  • Choi Mo Sung
  • Ryoo Kyung Soo

Sinopsis Resistance: Yu Gwan Sun’s Story

Seperti yang dibahas oleh Mimin di atas, film ini mengangkat sejarah kemerdekaan negara Korea Selatan.

Saat itu ada gadis berusia 17 tahun bernama Yu Gwan Sun (diperankan Ko Ah Sung). Gadis ini memiliki jiwa patriot yang tinggi dan ia terlibat dalam aksi gerakan kemerdekaan Korea. Saat itu, Korea masih berada dalam masa penjajahan Jepang, sekitar tahun 1910. Karena keberaniannya menyulut api perlawanan rakyat Korea, gadis ini pun ditangkap dan disiksa di Penjara Seodaemun.

Sekilas Tentang Karakter Yu Gwan Sun

Yu Gwan Sun dilahirkan dari keluarga biasa pada 17 November 1902. Lahir dari keluarga petani, gadis ini masuk sekolah wanita Ewha (Sekarang dikenal Ewha Girl’s High School) yang berlokasi di kota Seoul. Sejak kecil gadis ini sangat giat belajar, bahkan nilai-nilainya sangat bagus. Setiap libur sekolah, ia akan pulang ke kampung halamannya. Dengan senang hati gadis ini akan mengajarkan ilmu pengetahuan barat serta geografi pada warga setempat.

Semenjak meninggalnya kaisar Gojong, rakyat Korea saat itu berduka cita dan menuduh rajanya tewas diracun oleh pihak Jepang. Karena kemarahan ini, warga Korea membentuk organisasi-organisasi bawah tanah dan menyulutkan api kemerdekaan. Deklarasi-deklarasi disusun dan disebar ke pelosok negeri. Semua orang terlibat di sini. Termasuk Yu Gwan Sun.

Ia dan teman-temannya berunjukrasa menyuarakan kemerdekaan Korea dan mengumpulkan masa. Bahkan di desanya ia adalah salah satu gadis paling aktif dalam penyusunan demonstrasi. Sehari sebelum demonstrasi dimulai (dijadwalkan 19 April 1919), gadis ini sudah berada di puncak gunung sambil menyalakan obor sebagai tanda demonstrasi akan dimulai besok.

Ada lebih dari 3000 orang berkumpul dan membacakan deklarasi. Orang-orang berkeliling kota menyuarakan kemerdekaan. Akhirnya, polisi Jepang mulai bergerak, menangkap begitu banyak demonstran, termasuk orang tua Yu Gwan Su.

Tidak luput dari tangkapan para polisi Jepang, Yu Gwan Su pun ditangkap dan dimasukkan penjara Sheonan dan kemudian dipindah ke Penjara Seodaemun. Disana ia menerima siksaan selama di penjara dan akhirnya meninggal pada 28 September 1920 di usianya yang masih 18 tahun.

Wow! Ngeri juga kalau melihat kembali sejarah gadis ini. Semoga saja tidak banyak perubahan dalam pembuatan film tersebut dan pastinya bebas kontroversi. Kalian mau nonton tidak?

Sumber: (1) (2)

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

18 + five =