Korean Culture

Sekolah Di Korea Ternyata Berat Lho! Tapi Unik!

sekolah di korea

Korea-lover.com – Sahabat K-Lovers kita sudah sering ya bicarain tentang K-Pop, drama dan segala hiburan Korea. Kali ini rada serius dikit; tentang sekolah di Korea. Dibalik germerlapnya drama dan kerennya negara ini. Ada hal manarik yang tak pernah terpikirkan. Ya! Sekolahnya. Apa ya yang mengagetkan di sana?

Fakta Unik Sekolah Di Korea yang Susah Kita Tiru

sekolah di korea

Waktu Belajar Di Sekolah 16 Jam

Kita aja belajar di sekolah 8 jam uda mabok kan? Nah, pelajar di sana belajar 16 jam sehari. Rata-rata anak sekolah di Korea mulai bersekolah dari jam 8 pagi-10 malam. Mereka belajar super keras demi masuk universitas. Dan jangan salah! Kompetisi di sana sangat ketat.

Tidak sedikit peajar Korea yang mengikuti Hagwon (kursus privat sekolah) untuk menunjang kemampuan belajar. Nah, kalau ekstrakurikuler gimana? Katanya di sana anak sekolah bisa pulang tengah malam. Untuk makan malamnya sendiri disediakan oleh sekolah.

Guru Derajatnya Sangat Tinggi

Guru di Sekolah Korea

Sama seperti di Indonesia. Guru di Korea memiliki derajat yang tinggi di kalangan masyarakat. Negara ini rupanya benar-benar menempatkan pendidikan sebagai pilar negara.

Gurunya Tetep Fashionable

guru korea

Guru di sana dari yang mengajar SD sampai sekolah menengah atas tetap memperhatikan penampilannya. Mulai dari blazer, atau jacket. Semua item fashion dibuat sempurna.

Baca juga tata cara makan ala korea di sini

Setiap 5 Tahun Ada Rotasi Guru dan Staff

Nah, ini yang menarik soal sekolah di Korea. Di sana setiap 5 tahun sekali, seluruh staff, kepala sekolah dan guru akan dirotasi. Jadi suka atau tidak mereka akan pindah ke tempat lain. Waw, bagus ya? Soalnya jadi pemerataan tenaga pengajar. Mereka juga akan mempelajari penerapan sistem pendidikan di berbagai daerah. Makanya tidak heran kalau di sana anaknya pintar-pintar.

Semua Siswa Bertanggung Jawab Atas Kebersihan Sekolah

lingkungan sekolah korea
sumber: dreamers.id

Nah, ini yang bikin salut dan kagum. Pendidikan di sana benar-benar mengajarkan tanggung jawab pada lingkungan sekitar. Semua tertata rapi,sampai sampah pun mereka yang urus.

Jarang Liburan

Padahal wisata di sana keren-keren ya. Tapi kenapa mereka bisa jarang libur ya? Nah, ternyata tahun ajaran baru di sana di mulai dari Maret-February tahun depany dengan jeda 1 bulan libur di sela semester. Nah, ini maksudnya bukan libur kayak kita.Tapi di sana diisi dengan kegiatan ‘academic camps’. Sisw-siswa ini akan melanjutkan pelajaran bahasa Inggris,matematika dsb. (Belajar terus…)

So? Bagaimana menurut kalian? Berat banget. Kita aja di sini masih manja-manja. Sekolah ada tukang kebun dan jam belajar di sekolah juga jauh di bawah mereka.

Sumber:

grrrltraveler.com

rachelshae.wordpress.com

Leave a Reply

2 × 4 =