K-Pop

Resmi Dibubarkan, Begini Perjalanan Karir X1 di Industri Musik Korea

X1 Membawa Trofi The Show

Korea-lover.com – Sukses dengan IOI dan Wanna One, CJ E&M pun kembali melanjutkan acara Mnet Produce untuk mendebutkan group baru, salah satunya yaitu X1. X1 sendiri merupakan group yang baru-baru ini terbentuk melalui musim ke-empat Produce yaitu Produce X 101. Sayangnya belum setahun debut, grup tersebut harus bubar karena adanya kecurangan voting. Kira-kira seperti apa perjalanan karir mereka selama ini? Yuk, simak selengkapnya berikut.

Bagaimana X1 Dibentuk?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, X1 merupakan boy grup asal Korea Selatan yang dibentuk melalui acara survival Produce X 101. Dalam acara ini, 101 trainee akan diberikan tantangan untuk menyelesaikan setiap misi yang tidak lain bertujuan untuk menunjukkan potensinya. Peserta Produce X1 tidak hanya trainee yang belum debut, tetapi ada juga anggota yang telah debut bersama grub lain seperti VICTON, UP10TION dan masih banyak lagi.

Penentuan lineup debut didasarkan pada suara voting yang didapatkan setiap minggunya. Proses eliminasi pun dilakukan secara bertahap hingga pada minggu terakhir hanya tersisa 20 trainee. Dari 20 anggota tersebut akan diambil 10 anggota dengan voting tertinggi dan anggota X untuk melakukan debut. Anggota X merupakan anggota sisa dari 20 trainee tersebut yang memiliki suara tertinggi hasil penggabungan suara di setiap episode.

Pengumuman anggota X1 dilangsungkan melalui siaran langsung Mnet pada tanggal 19 Juli 2019. Berbeda dengan group sebelumnya, anggota X1 rencananya akan melakukan promosi grub selama 5 tahun. Adapun anggota X1 yang terpilih yaitu:

X1 Kim Yo Han
  • Kim Yo Han. Yo Han merupakan center dari X1 karena telah menduduki peringkat 1. Selain itu, trainee OUI ini juga berperan sebagai lead rapper.
X1 Kim Woo Seok
  • Kim Woo Seok. Woo Seok yang merupakan member UP10TION berhasil menduduki peringkat 2 dan debut bersama X1 sebagai lead vocalis dan visual grub. UP10TION debut di bawah TOP Media.
X1 Han Seung Wo
  • Han Seung Woo. Dalam final Produce X 101, Seung Woo berada di peringkat ketiga. Di grup, Seung Woo berperan sebagai leader dan main vocal. Sebelum debut bersama X1, Seung Woo merupakan leader boy group VICTON yang dinaungi oleh PLAN A Entertainment.
X1 Seong Hyeong Jun
  • Song Hyeong Jun. Mengamankan posisi keempat, trainee Starship Entertainment ini berhasil debut sebagai lead dancer, vocalis sekaligus rapper.
X1 Cho Seung Yeun
  • Cho Seung Youn. Seung Youn menduduki peringkat 5 dalam final Produce X 101. Dalam grup, Seung Youn berperan sebagai main vocalist sekaligus lead rapper. Seung Youn sendiri adalah member UNIQ yang didebutkan oleh Yuehua Entertainment. Beberapa acara survival yang pernah diikutinya yaitu Unpretty Rapstar 3 dan Show Me The Money 5.
X1 Son Dong Pyo
  • Son Dong Pyo. Dong Pyo merupakan trainee DSP Media yang menduduki peringkat 6 pada episode final. Anggota yang pernah gabung dalam grup dance ARTBEAT ini berperan sebagai vokalis dan lead dancer.
Lee Han Gyul
  • Lee Han Gyul. Trainee MBK Entertainment yang pernah mengikuti The Unit ini menduduki peringkat 7. Han Gyul mendapat posisi sebagai lead vocal dan main dancer di grub.
X1 Nam Do Hyon
  • Nam Do Hyon. Menduduki peringkat 8, Do Hyon resmi debut dengan X1 sebagai main rapper. Trainee MBK Entertainment ini sebelumnya menjadi partisipan dalam acara Under Nineteen.
X1 Cha Jun Ho
  • Cha Jun Ho. Trainee Woolim Entertainment ini menduduki peringkat ke-9 pada final Produce X 101. Di X1, Juh Ho mendapat posisi sebagai vokalis dan visual.
X1 Kang Min Hee
  • Kang Min Hee. Trainee Starship Entertainment ini berada pada posisi ke-10 dalam final Produce X 101. Di grub, Min Hee berperan sebagai vokalis.
X1 Lee Eun Sang
  • Lee Eun Sang. Eun Sang merupakan anggota terakhir yang dinyatakan sebagai anggota X1 (anggota X). Eun Sang merupakan anak bimbingan dari Bran New Music.

Perjalanan X1 dari Debut Hingga Pembubaran

X1 Album Flash

X1 melakukan debut resmi di bawah naungan Swing Entertainment pada tanggal 27 Agustus 2019 dengan lagu Flash. Tidak hanya itu, mereka juga mengeluarkan album debut berjudul Emergeny: Quantum Leap dan menggelar debut showcase di tempat yang sama dengan debut Wanna One yaitu Gocheok Sky Dome Seoul. Dari lagu debutnya tersebut, X1 berhasil membawa pulang 11 trofi dengan trofi terakhir didapatkan pada acara M Countdown.

Sementara untuk albumnya, X1 berhasil masuk dalam list Bilboard’s World Album Chat pada urutan ke-9. Tidak hanya itu, album Quantum Leap juga berhasil memecahkan rekor penjualan tertinggi pada minggu pertama dengan jumlah lebih dari 500 ribu.

grup Kpop X1

Meski memiliki banyak prestasi ternyata perjalanan karir X1 tidak berlangsung lama. Pasalnya, beberapa waktu lalu muncul berita besar bahwa telah terjadi manipulasi voting dalam acara Produce X 101. Tidak hanya itu, proses manipulasi juga terjadi pada seri sebelumnya. Menyusul kabar tersebut, pada tanggal 6 Januari lalu X1 pun telah resmi dibubarkan. Hal ini dinyatakan langsung oleh agensi dari semua member yang terlibat.

Meskipun terjadi kecurangan pada pemilihan anggota debut X1, sebagai penggemar kita tetap tidak boleh melupakan kerja keras semua anggota tim untuk mencapai impiannya. Iya nggak sahabat Korea Lover?

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

two × 5 =