Korean Culture

Seperti Apa Trend Tradisi Pernikahan Di Korea Selatan Sekarang?

tradisi pernikahan di Korea

Korea-lover.com – Kalau lihat tradisi pernikahan di Korea Selatan lewat drama Saeguk memang kelihatannya rumit ya. Pakaiannya berat, hiasannya banyak dan prosesnya panjang. Nah, tapi apakah tradisi mantu di Korea Selatan ini sekarang masih seperti itu?

Dilansir dari Take Lessos, kita kali ini bakal bahas tentang tradisi pernikahan di Korea Selatan. Seperti apa sih trend pernikahan di sana?

Seperti Apa Sih Trend Pernikahan Di Korea Selatan Sekarang?

 

Nah, kerasa tidak kalau belakangan orang Korea Selatan jarang banget pakai adat tradisional? Coba kita lihat dari tren selebritinya saja. Dari Song Hye Kyo dan Song Jong Ki, lalu Taeyang dan Hyorin. Semua cenderung western-nisasi upacara pernikahan dimana ada gaun, setelan jas dan juga altar. Sepertinya mereka sekarang cenderung membawa tradisi Hollywood di sini. Meskipun tidak semuanya sih. Ada juga orang Korea yang masih pakai adat tradisional dalam pernikahannya.

Tradisi Eui Hon

tradisi pernikahan di Korea

Tradisi ini mungkin lebih mirip dengan perjodohan ya, dan dulunya sangat populer di negara ini. Sampai tahun 2014 saja, perusahaan yang berkonsentrasi di bidang ini ada 2.500.
Para comblang profesional ini akan melihat calon pasangan dari banyak faktor, mulai dari strata sosial, level pendidikan dan bahkan garis keturunannya. Nanti calon pasangan akan saling dikenalkan baik secara personal hingga keluarga. Kalau tidak cocok bisa menolak lamaran, kalau pun cocok lamaran pernikahan bisa dilangsungkan.

Hanbok

tradisi pernikahan di Korea
Seperti yang pernah dikupas sebelumnya soal asal muasal hanbok. Pakaian tradisional ini selain dipakai di tradisi pernikahan di Korea Selatan, juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau sekarang hanbok ini sudah mengalami banyak modifikasi, bahkan sampai lengannya dipendekan dengan pilihan warna yang sangat beragam.

Lalu bagaimana dengan pakaian adat orang Korea Selatan sekarang? Yeah, karena di sana western wedding sedang tren, tentu saja memakai gaun putih dan setelan jas jadi lebih populer ketimbang hanbok. Walau pun begitu, mereka juga tetap memasukkan hanbok dalam resepsi pernikahan (beberapa). Atau ada juga yang secara khusus menggunakan hanbok hanya untuk sesi foto saja.

Beda lagi kasusnya kalau orang Korea Selatan nikah dengan bule. Memakai hanbok jadi terasa berbeda. Sama seperti kita yang sangat bangga dengan pakaian tradisional.

Pyebaek

tradisi pernikahan di Korea

Tradisi pernikahan modern cenderung hanya fokus pada kedua mempelai. Tapi tidak dengan Korea Selatan. Negara ini masih menganut budaya patriarki dimana wanita akan tunduk pada suami dan keluarganya.
Nah, kalau sekarang pyebaek dirayakan di kedua keluarga. Dulu pengantin wanita akan memberikan banyak hadiah pada calon suami dan juga ia harus meninggalkan keluarganya. Nah kalau sekarang tidak melulu seperti itu, tapi ada juga tradisi yang tidak ditinggal. Seperti memberikan hadiah tadi sebagai simbol kesuburan. Kedua mempelai pun juga harus memakai hanbok di acara ini loh.

Nah, untuk pyebak modern, kedua mempelai biasanya akan langsung mengadakannya langsung setelah pernikahan agar hemat waktu.

Kireogi

tradisi pernikahan di Korea

Kireogi merupakan hadiah dari pengantin pria pada ibu mertua berupa patung bebek yang terbuat dari kayu yagng melambangkan kekokohan, harmoni dan warisan besar.

Leave a Reply

twenty − thirteen =