Serba-Serbi

Perjalanan Karir Kim Bum – Dari Boys Over Flowers Hingga Terjun Di Industri Perfilman Cina

Kim Bum The Law School

Korea-lover.com – Buat penggemar Boys Over Flower pastinya sudah familiar dengan sepak terjang Kim Bum. Aktor ini mulai mendapatkan sorotan publik setelah membintangi drama tersebut sebagai So Yi Jung. Nah, nyatanya drama ini bukan awal karirnya loh. Yuk, simak perjalanan karir Kim Bum dari awal.

Debut Kim Bum Di Dunia Entertainment Korea Selatan

Gagal Audisi

Awal debut Kim Bum dimulai dari ikutnya dia dalam acara “Survival Star Audition”. Di program ini, ia berhasil menduduki peringkat ke-6 dari ratusan kontestan. Meski demikian, saat itu Kim Bum masih berusia di bawah 20 tahun sehingga kompetisinya tidak bisa dilanjutkan. Acar Survival Star Audition ini membuka banyak kesempatan untuk Kim Bum. Sejak saat itu, ia menerima banyak kesempatan untuk bergabung dalam berbagai series televisi dan debut layar kaca pertamanya dimulai dari bergabungnya dia di sebuah sitkom High Kick!

Popularitas Semakin Naik

Kim Bum mulai mendapatkan perhatian besar dari publik setelah ia membintangi drama East of Eden. Dari sini ia mendapatkan penghargaan Netizen Popularity Award dalam acara Korea Drama Awards. Pada tahun 2009, popularitasnya semakin bersinar saat ia membintangi drama Boys Over Flowers sebagai So Yi Jung. Karirnya pun semakin menanjak meskipun ia hanya berperan sebagai pemain pendukung. Satu lagi yang paling diingat penonton saat itu adalah “Padam Padam”.

Mulai Debut Solo Di Luar Negeri

Nyatanya, ambisi Kim Bum untuk terjun total di dunia entertainment tidak hanya sebatas sebagai aktor saja. pada 2012, ia merilis studio album pertamanya berjudul Hometown pada 20 Juni 2021. Ia bahkan sempat mengadakan konser solo di Jepang dengan tajuk “Kim Bum Japan Live 2012 di Stellar Ball di Shinagawa Prince Hotel, Tokyo.

Debutnya di luar negeri yang lain yaitu terlibatnya dia dalam sebuah film di Cina dengan judul Young Detective Dee” Rise of the Sea Dragon. Film ini di Cina menjadi salah satu yang menghasilkan banyak keuntungan.

Pada 2014, ia merambah industri drama di Cina dengan judul pertamanya V Love atau versi Cinanya Gossip Girls. Ia juga sempat membintangi dua film lagi di Cina yaitu Lovers & Movies dan The Beloved.

Comeback Ke Korea

Pada tahun 2015, Kim Bum kembali berkarir di Korea Selatan dengan membintangi small-screen thriller tvN berjudul Hidden Identity dan ia juga membintangi serial thriller berjudul Mr. Cop 2 yang mendapatkan banyak pujian karena perannya sebagai penjahat.

Tahun 2018, ia berlanjut membintangi Detective K: Secret of the Living Dead, sebuah komedi misteri yang menjadi comeback pertamanya setelah 4 tahun. Nah, kemudian tahun 2020 kemarin, Kim Bum membintangi drama fantasi Tale of the Nine Tailed yang mana ia bermain dengan Lee Dong Wook dan Jo Bo Ah. Dan akhirnya, tahun ini ia membintangi drama terbaru The Law School yang cukup mendapatkan banyak sorotan.

Penghargaan

Kim Bum The Law School

Karir Kim Bum bisa dibilang selalu di atas angin. Sebagian besar drama yang ia bintangi mendapatkan nominasi dan beberapa kali menang. Salah satu kategori yang pernah ia sabe adalah:

  • Menang 1st Mnet 20’s Choice Awards kategori Best Couple Award bersama Kim Hye Sung di sebuah sitkom “Unstoppable High Kick, 2007”
  • Menang 2nd Korea Drama Awards kategori Netizen Popularity Award untuk East of Eden, 2008
  • Menang Andre Kim Best Star Awards kategori Male Star Award, 2009
  • Menang SBS Drama Awards untuk kategori New Star Award untuk judul Dream, 2009

Tidak heran kalau dalam setiap proyeknya, Kim Bum selalu mendapat sorotan. Menurut wawancaranya oleh Soompi selama photo shoot dengan Singles, ia memaparkan kalau ia selalu menyimpan naskah setiap projek yang pernah ia mainkan.

“Jika Saya tidak mengerti situasi karakter atau latar belakangnya kenapa jadi seperti itu, Saya tidak bisa memainkannya secara total. Itulah kenapa ketika saya menerima sebuah narkah, saya menuliskan sendiri ceritanya sesuai versi saya di halaman pertama. Ini akan jadi pondasi dan saya sudah melakukannya pada setiap proyek.”

Disamping itu, ia juga mengakui kalau hal ini akan terdengar bohong bila tidak menemui kesulitan dalam berakting.

“Akan terdengar bohong bila Saya berkata in-depth action atau adegan emosianal itu tidak sulit. Terlepas dari itu, saya tidak mengalami kesulitan yang berarti karena berada di dalam lokasi (syuting) memberikan saya kekuatan. Saya berterimakasih karena saya bisa memberikan dan menerima banyak energi positif dari (kepada) orang lain.”

Wah, keren juga ya karir Kim Bum ini ternyata. Semoga karir Oppa satu ini semakin gemilang ke depannya. Jangan lupa simak sinopsis drama Korea Law School ya!

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

nineteen − 7 =