Beauty

8 Produk Perawatan Rambut Ala Korea yang Wajib Kamu Punya Di Rumah

8 produk perawatan rambut ala korea

Korea-lover.com – Orang Korea Selatan paling gemar mewarnai rambut. Jelas dari para idol Korea yang kerap tampil nyentrik. Sehingga, orang sana terutama anak muda sering melakukan hal yang sama. Namun, anehnya rambut orang Korea ini sehat-sehat. Dengan tingkat stress yang tinggi dan juga kesukaan mengaplikasikan berbagai jenis model rambut membuat mereka harus melakukan perawatan ekstra. Nah, seperti apa sih perawatan rambut ala Korea ini?

8 produk perawatan rambut ala korea

Simak Perawatan Rambut Ala Korea yang Paling Sering Dipakai

produk perawatan rambut Korea

Scalp Treatment

scalp treatment

Perawatan paling mendasar untuk rambut berkilau adalah dengan rajin melakukan scalp treatment. Para ahli kecantikan Korea sering mengkampanyekan kalau kulit kepala bersih, sehat dan tidak bersisik, rambut sehat pun juga akan tumbuh. Biasanya produk scalp treatment berbentuk acid-salicylid based yang mampu melakukan pengelupasan sel kulit kepala, kotoran dan juga minyak yang berlebih.

Umumnya produk scalp treatment ini dipakai sekali atau dua kali seminggu sebelum keramas. Cara aplikasinya saat rambut kering, ya. Cara pakainya dioleskan di kulit kepala terus digosok pelan-pelan sambil memijatnya. Setelah itu diamkan selama 15 menit, lalu keramas.

Shampoo + Conditioner

Perawatan rambut ala Korea sudah menjadi barang wajib kalau beli shampoo langsung sama conditioner-nya. Jangan lupa ya, pilih shampoo sesuai dengan jenis rambutnya. Kering? Berminyak? Berketombe atau Rontok?

Untuk aplikasi conditioner-nya juga harus hati-hati, soalnya kebanyakan orang salah dengan mengoleskannya justru di kulit kepala. Yang benar, oleskan di pangkal rambut sampai ujungnya. Kalau dioleskan di kulit kepala, rambut kita jadi semakin berminyak sobat K-lovers.

Scalp Massage

scalp massage

Bentuknya mirip brush, tapi khusus untuk kulit kepala. Jadi bentuknya bulat dan geriginya pendek dengan diameter yang sedikit besar sehingga tidak runcing. Scalp Massager ini ampuh untuk melancarkan sirkulasi darah, meminimalisir ketombe dan juga meratakan minyaknya. Plus, kotoran juga bisa hilang.

Ingat, cara pakainya bukan saat kering ya, tapi dipakai saat sedang keramas. Jadi ketika sedang pakai shampoo, brush ini dipakai untuk pijat supaya nutrisi dalam shampoo bisa meresap dengan baik.

Hair Mask

hair mask

Hair mask bisa dilakukan sekali seminggu. Setelah pakai shampoo, pakai hair mask dan biarkan setelah 15 menit. Hair mask ini lebih bagus dari pada conditioner reguler. Cuma pakainya seminggu sekali saja, jangan sering-sering.

Membilas Rambut dengan Vinegar (Cuka)

cuka apel untuk rambut

Tahu nggak kalau produk perawatan rambut ala Korea lainnya adalah penggunaan cuka? Tapi ini produknya sudah didesain khusus untuk rambut ya.

Nah, cuka ini membantu menetralkan kadar pH normal rambut. Jadi gatal-gatal di kulit kepala bisa hilang karena pH-nya berhasil dinetralisir. Sebenarnya, rambut gatal lebih disebabkan karena kulit kepala terlalu alkaline, sehingga nggak heran kita sering punya jerawat, eczema sampai ketombe.

Sebenarnya kalau kesulitan cari produk ini, kamu bisa memakai apple cider vinegar dengan pH level 3. Gunakan larutan ini saat membilas rambut. Cuma efek sampingnya aroma wangi rambut jadi hilang. Misal tidak suka bisa sebelum kasih conditioner, hanya saja efeknya tidak terlalu signifikan.

Scalp Mask

masker kulit kepala

 

Kalau sudah ada hair mask, ada scalp mask. Produk perawatan rambut ala Korea ini wajib kamu punya karena berfungsi sebagai skinfood dan mengurangi gatal-gatal di area kulit kepala.

Pemakaian scalp mask ini juga cukup dilakukan seminggu sekali. setelah pakai shamppoo dan membilasnya, peras rambut lalu aplikasikan masker ke kulit kepala. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas.

Scalp Tonic

Toner adalah barang wajib yang harus kamu punya karena menyegarkan kulit kepala dan juga sebagai persiapan sebelum ke treatment lainnya misal kamu mau styling atau yang lain.

Cara pakainya juga mudah, yaitu setelah melakukan serangkaian keramas, conditioner dan sebagainya. Dengan rambut setengah kering, aplikasikan toner ini. Ingat, jangan digosok ya.

Serum

Serum adalah produk perawatan rambut ala Korea yang juga harus kamu punya. Biasanya komposisi dasarnya mirip untuk wajah, cuma ada beberapa bahan tambahan. Cara aplikasinya sama sperti tonic, dioleskan ke kulit kepala secara merata.

Wah, ternyata banyak juga ya produk perawatan rambut ala Korea ini. Kalian mau nggak ribet-ribet dengan koleksi perawatan di atas? Meskipun demikian, hasilnya worth it banget. Rambut jadi halus, berkilau dan sehat kayak artis Korea.

Leave a Reply

6 + 4 =