Kuliner

5 Nasi Ala Korea Paling Lezat dan Bikin Perut Gendut!

Awas perut tambah melar!

nasi ala Korea

Korea-lovers.com – Sama seperti orang Indonesia, orang Korea Selatan juga merasa belum makan kalau tidak makan nasi. Sebagai makanan pokok, nasi akan selalu ada di setiap sajian makanan. Mau dimasak sendiri, dicampur sayur atau dikreasikan menjadi jajanan seperti gimbap hingga dibuat kue beras. Intinya, ngga lengkap kalau nggak makan nasi. Makanya, banyak sekali nasi ala Korea yang bisa dimasukkan sebagai hidangan pokok atau jajanan saja.

Bicara soal nasi, pastinya identik dengan beras. Bahkan menurut cerita yang beredar, orang Korea jaman dulu selalu mengindetikkan beras sebagai salah satu faktor kekayaan. Nah, dengan jumlah beras yang melimpah ini, tentus aja ada banyak sekali kuliner bertema nasi di sana. Apa saja ya, nasi ala Korea ini?

Nasi Ala Korea yang Harus Kamu Coba

Ogokbap

nasi ala Korea

Ogokbap adalah nasi kukus yang dicampur dengan gandum, kacang kedelai, walnut dsb. Jadi intinya nasi kukus ini dicampur bersama lima jenis biji-bijian.

Uniknya, ogokbap juga menjadi makanan khas saat festival Jeongwol Daeboreum. Jenisnya pun berbeda-beda, tergantung wilayahnya. Biasanya juga makanan ini di jaman dulu dimakan saat musim dingin.

Nakji Bokkeumbap

nasi ala Korea

Untuk nasi yang memiliki cita rasa gurih dan simple, Nakji Bokkeumbap adalah salah satu yang difavoritkan. Nasi ini dicampur dengan gurita potong, wortel, daun bawang, bawang putih dan bumbu lainnya. Jadi rasanya lebih gurih dan strong. Kalau suka bisa dicampur dengan cabe bubuk sehingga lebih nikmat.

Dolsot Bibimbap

nasi ala Korea

Nasi ala Korea yang satu ini mirip dengan Bibimbap. Bedanya nasi ini disajikan dengan hot plate dan bahan tambahan lainnya. Cara makannya juga unik. Jadi hati-hati makannya harus dengan sendok sambil diaduk. Setelah makan selesai dan masih ada sisa nasi, tuangkan air supaya keraknya melunak. Nah, keraknya ini disebut nudungji yang kalau lunak bisa dimakan lagi.

Bokgeumbap

nasi ala Korea

Orang Korea juga punya cara unik supaya nasinya tidak sia-sia. Jadi mereka membuat Bokgeumbap atau kalau di sini nasi goreng namanya. Nasi goreng ala Korea ini juga dicampur dengan sayur, daging dan telur. Bokgeumbap ini juga disajikan dengan sup yang tidak terlalu kuat rasanya.

Kongnamulbap

nasi ala Korea

Kongnamulbap yaitu nasi ala Korea yang dimasak dengan toge diatasnya. Setelah masak, nasi toge ini dicampur dengan bawang putih cincang yang sudah ditumis, minyak wijen, saus kacang kedelai dan garam. Paling enak disajikan saat panas-panas. Cocok banget ini buat anak kos!

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

nineteen − 7 =