Korean Culture

Mengenal Lebih Dekat Budaya Pernikahan di Korea Selatan, Ada yang Unik

Upacara pernikahan tradisional Korea Selatan

Korea-lover.com – Bagi para penggemar drama Korea pasti sesekali pernah bertanya-tanya mengenai adat-istiadat serta budaya pernikahan yang sesungguhnya di negeri ginseng tersebut. Sama seperti di Indonesia, Korea Selatan juga memiliki adat pernikahan tersendiri meskipun sekarang lambat laun sudah banyak yang meninggalkan budaya perkawinan asli dan menggantinya dengan gaya modern. Tapi masih ada juga beberapa yang mempertahankan cara perkawinan sesuai adat budaya Korsel. Kira-kira seperti apa budaya pernikahan di negeri oppa-oppa ini? Yuk, kepoin!

5 Budaya Perkawinan Di Korea Selatan

Korea lovers, ini 5 budaya pernikahan di Korsel yang masih dilestarikan hingga sekarang:

  • Budaya Melamar
Tradisi lamaran Korea

Cincin bukanlah sesuatu hal yang wajib ketika pria Korea melamar wanitanya. Bahkan dahulunya pernikahan di Korea tidak menggunakan cincin pernikahan. Gaya melamar dengan cincin baru mulai di lakukan oleh generasi muda zaman sekarang sebagai lambang ikatan.

  • Pertemuan Dua Keluarga Sebelum Lamaran
Adat-istiadat pernikahan di Korea Selatan

Sebelum prosesi lamaran, ada yang unik dari kebudayaan pernikahan di Korea Selatan yaitu pertemuan dua keluarga. Hal yang unik adalah dimana masing-masing keluarga telah melakukan penelitian satu sama lain sebelum pertemuan tersebut dilaksanakan. Penelitian tersebut bertujuan agar bisa memahami terlebih dahulu karakter serta latar belakang dari masing-masing keluarga. Sehingga nantinya pada prosesi tunangan atau lamaran tidak ada canggung lagi di antara kedua keluarga.

  • Acara Sebelum Resepsi Pernikahan
Resepsi pernikahan Korea Selatan

Di beberapa negara mungkin percaya terhadap mitos jika nasib buruk akan terjadi apabila pengantin bertemu sebelum upacara pernikahan. Tapi mitos tersebut tidak berlaku di Korea Selatan. Pengantin pria maupun wanita bisa pergi ke tempat pernikahan bersama. Sebelum upacara pernikahan, pengantin pria dapat bergabung dengan orang tua di lobby untuk menyambut para tamu yang tiba. Sementara untuk pengantin perempuan duduk di ruang pengantin dan dapat mengobrol dengan para tamu.

  • Pyebaek, tradisi pernikahan
Upacara pernikahan tradisional Korea Selatan

Selesainya upacara pernikahan yang singkat masih ada upacara tradisional perkawinan di Korea Selatan. Upacara tersebut disebut sebagai pyebaek yang hanya dihadiri untuk anggota keluarga. Kedua pengantin menggunakan hanbok pernikahan khusus kemudian tunduk pada orang tua mereka yang duduk di belakang meja rendah berisi makanan khas pernikahan tradisional di Korsel. Beberapa makanan simbolis yang disajikan seperti chestnut, jujubes, dan kesemek kering.

Yang unik adalah, orang tua akan memberkati pasangan yang baru menikah tersebut dengan tradisi menangkap jujubes dan chestnut. Tradisi ini untuk memprediksi berapa banyak anak perempuan atau laki-laki yang akan dimiliki oleh pasangan.

Ibu pengantin perempuan akan mengenakan hanbok berwarna merah muda atau ungu sementara ibu pengantin laki-laki mengenakan hanbok warna biru. Tapi untuk anggota keluarga lainnya mungkin tidak diperkenankan menggunakan hanbok sesuai dengan preferensi keluarga masing-masing.

  • Jika Salah Satu Pengantin Meninggal Lebih Dulu
SongSong Couple berjalan diatas altar, duh mesra nya Sumber: soompi.com

Dalam adat tradisional di Korea Selatan, sebenarnya ada satu peraturan adat yang tidak boleh dilanggar setelah pasangan suami istri resmi menikah. Yaitu ketika ada salah satu di antara pasangan penganti, baik laki-laki maupun pihak perempuan yang harus meninggal lebih dulu atau mati muda maka tidak diperkenankan untuk menikah lagi.

Pihak laki-laki yang ditinggal mati muda oleh istrinya maka harus bertanggung jawab untuk mengurusi kedua orang tua istri. Begitu juga jika pihak laki-laki yang meninggal dunia maka istri harus memenuhi kebutuhan dan mengurusi orang tua pihak laki-laki. Meskipun untuk tradisi yang satu ini sudah banyak ditinggalkan Dan sekarang banyak janda maupun duda yang menikah lagi meskipun sudah ditinggal oleh pasangannya.

Nah itulah lima budaya perkawinan di Korea Selatan yang mungkin belum kalian ketahui. Tentunya ada banyak sekali perbedaan tradisi pernikahan negara tersebut dengan Indonesia. Bagaimana menurut kamu?

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

nine − 4 =