Kuliner

Takut Ga Cocok dengan Lidah? Coba 6 Makanan Korea yang Mirip Makanan Indonesia Ini!

makanan Korea yang mirip dengan makanan IndonesiaToppoki dan Cilok

Korea-lover.com – Satu-satunya tantangan saat berkunjung ke negeri ginseng yaitu memilih makanan yang cocok dengan lidah Indonesia. Kadang kalau nggak biasa makan makanan luar negeri bisa berabe. Apa lagi kalau baru pertama kali pergi ke LN. Nah, kalau kalian pergi ke Korea Selatan, daftar makanan Korea yang mirip makanan Indonesia ini bisa jadi acuan.

6 Makanan Korea yang Mirip Makanan Indonesia

Kimbap dan Lemper

Makanan korea yang mirip makanan Indonesia
Kimbap dan lemper

Kimbap adalah salah satu contoh sederhana makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia. Bahan utamanya dari beras yang diisi aneka sayur, telur, sosis, wortel dsb. Isinya suka-suka sebenarnya, cuma yang paling umum bahan ini. Setelah itu, gulungan ini dibungkus dengan lembaran rumput laut kering kemudian diiris mirip lemper. Bedanya kalau lemper itu pakai ketan yang diisi abon atau ayam suir kemudian digulung pakai daun pisang.

Jadi kalau kalian pergi ke Korea dan butuh nasi yang bisa cocok di lidah, kimbap ini lumayan mengenyangkan, kok.

Toppoki dan Cilok

makanan Korea yang mirip dengan makanan Indonesia
Toppoki dan Cilok

Siapa yang tidak tahu Toppoki? Kue yang terbuat dari tepung beras ini bahkan ada di tradisi ulang tahun Doljanchi. Kuenya biasanya dibentuk memanjang dan putih yang disiram dengan saus gochujang yang super pedas. Ini camilan yang cocok banget kalau dinikmati pas musim hujan. Nah, hal senada yang mirip di Indonesia yaitu cilok, sama kenyalnya. Apa lagi kalau disiram pakai saus pedas merah ditambah bumbu kacang, makanan ini jadi sedep banget.

Btw, kalau toppoki ini disiram saus ala cilok kayak saus kacang, kecap dan saus cabe jadi gimana ya?

Kimchi dan Asinan

Makanan korea yang mirip makanan Indonesia
Kimchi dan asinan

Tahu nggak sih kalau kita juga punya kimchi? Namanya asinan. Jadi rasanya kimchi 11 12 mirip lah ma kimchi khas korea. Seger, pedes dan kecut. cuma kalau orang Indonesia makan asinan ini ngga sama nasi, dimakan pas cuacanya panas. Kalau kimchi hampir selalu ada di semua menu orang Korea.

Jangan lupa baca cara membuat kimchi

Gulbap dan Nasi Liwet

makanan korea yang mirip makanan Indonesia
gulbab dan nasi liwet

Gulbab adalah nasi tiram yang sering dikonsumsi saat musim dingin. Nasi ini dicampur dengan tiram kemudian di tim. Gulbab ini rasanya enak sobat K-lovers, gurih dan kaya gizi. Cuma, kalau nasi liwet kita kerap memasaknya dengan rempah dan santan. Sajiannya dengan lauk ayam, gudeg, kering tempe dan lauk kering lainnya.

Dakkochi dan Sate Ayam

makanan korea yang mirip makanan Indonesia
sate dan dakkochi

Siapa bilang Korea Selatan tidak punya sate ayam? Ada kok! Namanya Dakkochi. Ayamnya persis kayak kita ngolahnya. Dipotong dadu dan ditusuk-tusuk.  Bedanyac dibumbui manis mirip barbeque kemudian di panggang. Kalau jalan-jalan ke street food di sana, makanan ini banyak yang jual. Jarganya murah banget.

Jeungpyon dan Apem

makanan korea yang mirip makanan Indonesia
Jeungpyon dan apem

Tahu apem kan? Iya itu yang biasanya juga sering dipakai untuk selamatan. Jeungpyon ini rasanya manis dan warnanya cerah mirip apem. Kue ini sering disediakan saat musim panas. Bedanya dengan apem Jeungpyon difermentasi dengan anggur jadi tidak cepat rusak.

Nah, gimana? Nggak usah bingung lagi habis ini soal makanan Korea yang mirip Makanan Indonesia bisa jadi santapan kalian pas lagi jalan ke sana. Sebenarnya nggak ada salahnya mencoba makanan baru. Enak-enak kok. Cuma misal kalian takut nggak suka aja, makanan di atas bisa dijadikan referensi.

Leave a Reply

2 − two =