Korean Culture

Macam-macam Tarian Korea Selatan yang Bisa Kamu Saksikan Pas Liburan Di Sana

macam-macam tarian korea selatanTarian Seungmu (Sumber: Youtube)

Korea-lover.com – Duh, Korea Selatan emang lagi naik daun kayaknya. Apa pun tentang Korea selalu menarik. Semuanya berawal dari drama yang berujung pada booming-nya wisata di sana. Selain menjadi tuan rumah World Cup 2002 lalu sih. Nah, kali ini yang menarik dari budaya Korea yakni soal macam-macam tarian Korea Selatan, gara-gara inget film lawas Jewel In The Palace. Epik banget!

Macam-Macam Tarian Korea Selatan yang Pasti Ada Di Banyak Acara

Tarian Seungmu

Tarian Seungmu ini awalnya dilakukan oleh para biksu. Sejak tahun 1969,Tarian Seungmu masuk dalam Warisan Budaya Non-bendawi Korea Selatan. Ada 8 buah repertoar dalam tarian ini, yaitu yeombul, dodeuri, jajin taryeong, dwit gutgeori, gutgeori, gujeong nori serta saesanjo.

Seungmu adalah salah satu tarian paling terkenal di Korea dengan gerakan yang rumit dan indah dengan selendang putih dan kerudung putri sang penari, ditambah gemulainya gerakan tangan. Uniknya, tarian tersebut punya ekspresi berbeda di setiap gerakan.

Tarian Seung Jeonmu

Seung Jeonmu adalah salah satu dari indahnya macam-macam tarian Korea Selatan, yang mana penarinya bermain pedang  ala prajurit. Tarian Seung Jeonmu ditujukan untuk memberi penghormatan pada dewa bumi dan telah ada sejak 2000 tahun lalu. Jaman dulu, tarian tersebut dilakukan bangsa Korea sebelum berperang dengan harapan mereka bisa memenangkannya.

Tarian Seung Jeonmu terdiri dari tabuhan drum dan juga tari pedang. Nah, kenapa tarian ini jadi terkenal? Ini karena jenderal Admiral Yi Shun Shin di saat masa Joseon meminta agar prajurit melakukan tarian ini ketika berperang.

Tarian Cheoyongmu

Tarian Cheoyongmu dipentaskan di istana. Tarian ini menggunakan topeng, jubah warna-warni khas Korea dan selendang putih. Tarian tersebut dilakukan sebagai upaya menolak kesialan dan meminta berkah kepada dewa. Menurut sejarah yang ditulis, Tarian Cheoyongmu merupakan tarian yang berasal dari kerajaan Silla.

Tarian Hallyangmu

Selanjutnya adalah tarian Hallyangmu. Serius kalau lihat tarian ini selalu inget drama kolosal. Jadi inget opa-opa.

Tarian ini menceritakan kehidupan kerajaan Joseon. Dalam tarian tersebut diceritakan sekumpulan pemuda yang kerjanya hanya malas-malasan. Mereka hanya menghabiskan waktu dengan foya-foya dan bersenang-senang. Hallyangmu ini menurut sejarah berasal dari wilayah Dongrae yang terletak di propinsi Busan. Penarinya memakai hanbok yangban lengkap dengan aksesorisnya dari topi sampai kipas.

Tarian Buchaaechum

Mirip dengan Hallyangmu, tarian Buchaaechum juga menggunakan kipas. Hanya saja tarian ini dimainkan oleh perempuan. Tarian kipas ini dimainkan sekelompok wanita yang memakai hanbok berwarna kontras dengan membawa kipas cantik.

Sama seperti tarian yang lain, tarian Buchaaechum digunakan sebagai sarana pemujaan dewa. Kalau sekarang, tarian Buchaaechum sering dipentaskan diberbagai acara, mulai dari festival, acara kenegaraan sampai dengan acara tahunan.

Keunikan tari Buchaaechum yaitu formasi melingkar yang menggunakan kipas dan melakukan gerakan gelombang. Gerakannya lembut dan anggun.

Nah, bagaimana menurut kalian? Macam-macam tarian Korea tadi pasti sering diadakan di berbagai festival. Jadi, kalau berkunjung ke Korea emang bagusnya di musim perayaan, biar bisa lihat tarian cantik ini.

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

eighteen − 12 =