Drakor

Konten Drama Korea Return Dinilai Brutal dan Tidak Etis, Dewan Komite Menggelar Pleno

drama Korea Return

Korea-lover.com – Baru selesai dengan kasus keluarnya Go Hyun Jung, drama Korea Return kali ini harus berhadapan dengan KCSC (Korea Communications Standards Commision). Mereka menggelar rapat pleno dan meminta content rating untuk drama terbaru SBS ini dirubah.

Subkomite menegaskan meskipun drama Return sejatinya sudah cocok ditonton oleh usia minimal 15 tahun, namun scene brutal dan adegan tidak etis disiarkan tanpa disensor. Terkait karena hal ini, pihak komite pun meminta menghapusnya.

Di dua episode pertama, ada scene sekelompok lelaki yang sedang berpesta kemudian memukul kepala seorang wanita dengan gelas kaca sebagai hukuman. Sesudah itu, permasalahan ini diselesaikan dengan uang.

Nah, yang dipermasalahkan oleh komite adalah adegan ini menyalahi regulasi broadcasting yang bisa berakibat sanksi dan penurunan rating audiens.

Menanggapi hal ini, executive producer (EP) Park Young So meminta maaf dan memberikan penjelasan:

Drama ini fokus pada cela hukum dan penggambaran balas dendam kepada penjahat. Saya menggambarkannya sebagai hal umum yang terjadi pada semua penjahat dan ini cocok dengan genre-nya. Namun saya melihat hal ini berlebihan dalam hal penggunaan kekerasan dan juga konten sugestinya. Saya akan lebih berhati-hati dan lebih memperhatikannya di masa depan. Kami akan menghapus scene ini sebanyak yang kami bisa.

Sejumlah pertanyaan menyoroti tentang penggunaan adegan sugestif dan kekerasan ini demi menaikkan rating. Namun hal ini dibantah oleh EP.

Scene-scene tersebut tidak bertujuan untuk menaikkan rating. Bila ini menaikkan rating penonton, saya pikir saya akan menghapus konten yang membuat penonton tidak nyaman.

Adegan-adegan yang berisi kekerasan akan banyak dikurangi mulai minggu depan.Saya akan terus berusaha mengurangi hal ini.

Subkomite ini telah mengeluarkan peringatan keras sebagai sanksi hukum dengan merubah rating drama Korea Return. Mereka akan memutuskannya setelah final rapat pleno berikutnya.

Sayang banget ya! Padahal drama Korea Return ini bagus dan kesannya sangat real. Jarang sekali ada drama yang blak-blakan seperti ini. Coba misal komitenya menonton Game of Thrones punya barat, drama ini jauh lebih sadis.

Tapi walaupun begitu, memang beda negara beda aturan. Kita tidak bisa samakan aturannya. Semoga SBS dan management Return segera bisa bekerja normal.

Sumber: Naver, Star dan Soompi

Leave a Reply

8 + 6 =