Korean Culture

Kebiasaan Unik Rakyat Korea Selatan yang Tidak Banyak Diketahui

Rumah ala Korea

Korea-lover.com – Setiap negara tentu saja memiliki kebudayaan dan adat masing-masing yang membedakan mereka dengan negara lain. Tidak terkecuali Korea Selatan yang juga memiliki adab unik yang bahkan sering dinilai “aneh” oleh orang lain. Sebagian besar masyarakat Korea Selatan sendiri masih menjunjung tinggi adat tradisional, meskipun mereka sudah hidup di jaman modern. Nah, sekedar informasi untuk sobat Korea Lovers, ini beberapa kebiasaan unik rakyat Korea Selatan yang belum banyak diketahui.

Bangunan Rumah

Rumah ala Korea

Tahukah sobat, hampir sebagian besar masyarakat Korea Selatan masih memiliki keyakinan bahwa jika ingin membangun rumah harus membelakangi matahari dan condong menghadap ke selatan. Masyarakat Korea masih meyakini bahwa bentuk topografi suatu tempat tinggal dapat mempengaruhi energi baik dan buruk yang masuk ke dalam rumah tersebut.

Adab Saat Makan Bersama

Jangan rakus saat makan

Mungkin sobat sering melihat momen ini saat menonton drama atau film Korea. Mereka lebih menyukai makan bersama dalam satu wadah namun dengan alat makan masing-masing. Mungkin untuk beberapa negara manner saat makan seperti ini cenderung dianggap aneh. Namun bagi warga Korea sendiri menganggap momen seperti ini sebagai bentuk kekompakan dan kekeluargaan.

Anniversary Setiap 100 Hari

perayaan black day di Korea selatan

Hal unik lainnya yang menjadi kebiasaan orang Korea, terutama untuk pasangan muda adalah perayaan hari jadian setiap 100 hari. Biasanya di momen seperti ini mereka akan menggunakan pakaian yang sama atau couple dengan pasangan mereka kemudian berfoto selfie. Umumnya meraka akan saling bertukar kado. Unik sekali bukan?

Sangat Fokus Terhadap Usia

Pasangan Drama Korea Dots
Pasangan Drama Korea Dots bersama rekan-rekan. (Sumber: Soompi.com)

Orang Korea Selatan sangat terobsesi untuk mengetahui umur seseorang, bahkan pada seseorang yang baru dikenalnya. Hal ini bertujuan untuk menentukan gaya berbicara seperti apa yang pantas diucapkan. Orang Korea sendiri memang dikenal ramah dan memiliki etika baik saat berbicara terhadap seseorang yang lebih tua.

Setiap negara tentu memiliki adat dan adabnya masing-masing. Bagaimana menurut sobat tentang kebiasaan di Korea Selatan tersebut? Unik sekali bukan?

Leave a Reply

three × five =