K-Pop

Kebiasaan Nonton Konser Orang Korea Ini Jadi Trend Fans Internasional

Konser Korea

Korea-lover.com – Annyeong sahabat Kore Lover. Wahh nggak terasa nih paruh awal tahun 2018 sudah hampir memasuki paruh kedua. Hal ini tentunya nggak jadi masalah buat para K-popers. Pasalanya, masih banyak konser K-pop yang akan digelar di Indonesia nantinya seperti konser Got7, Twice, G-Friend, Wanna One dan masih banyak lagi.

Sudah bukan rahasia lagi nih kalau setiap konser boyband/girlband Korea selalu dinanti para penggemar. Bahkan, fans K-pop memiliki tradisi tersendiri dalam menonton konser. Tradisi ini datang dari kebiasaan nonton konser orang Korea yang berdampak pada fans internasional. Nah, kira-kira seperti apa nih kebiasaan mereka?

Bawa Lightstick

Lightstick merupakan benda yang wajib dimiliki oleh fans boyband/girlband Korea. Lighstick ini merupakan ciri khas konser K-pop yang tidak dimiliki oleh konser-konser lainnya. Lightstick ini sebagai salah satu simbol dukungan fans terhadap idolanya dimana setiap grub memiliki bentuk dan warna lightstick yang berbeda-beda.

Penggemar nantinya akan melabai-lambaikan lighsticknya mengikuti irama musik dan cahanya membuat area konser menjadi lebih meriah. Bahkan, pada salah satu konser SNSD di Jepang lighstick membuat area konser seperti lautan bintang saat Jessica meminta kru untuk mematikan semua lampu.

Bawa Placard atau Hand Banner

Placard

Selain lightstick, benda bawaan orang Korea saat nonton konser yaitu placard atau hand banner. Placard ini berisi kreasi tangan tulisan ungkapan hati dan dukungan para penggemar. Bahkan tak jarang juga yang hanya menuliskan nama biasnya. Selain placard, penggemar juga membawa handa banner yang biasanya disiapkan oleh panitian atau komunitas penggemar dan diangkat pada akhir konser.

Selain untuk menyemangati penggemar, orang Korea cenderung menggunakan hand banner untuk menutupi wajahnya saat tersorot kamera. Wahh beda banget nih sama orang lokal yang malah berpose kalau akan ada kamera lewat.

Melakukan Fanchant

Kebiasaan orang korea lainnya saat nonton konser yaitu menlakukan fanchant. Fanchant ini semacam nyanyian (teriakan) yel-yel loh sahabat Korea Lover. Fanchant ini biasanya dilakukan ketika musik berhenti atau intro. Fanchant diteriakkan dengan kompak dan berbeda untuk setiap lagu. Teriakan ini juga akan memberikan semangat pada sang idol di atas panggung.

Handphone Mode Rekam

Kebiasaan lain orang korea saat nonton konser yaitu merekam idolanya dan hasil rekamannya juga banyak dipublikasi melalui YouTube. Mereka biasanya merekam menggunakan handycame atau memfoto idolnya menggunakan kamera. Selain itu, banyak juga fansa yang merekam melalui HP. Bahkan pernah kejadian pada salah satu konser Super Junior dimana Donghae mengambil HP fans mode rekam untuk mengambil video selfienya secara close up.

Overnight Queuing

Overnight Queuing

Kebiasaan terakhir yang cukup menghebohkan namun menunjukkan besarnya cinta mereka terhadap fansa yaitu overnight queuing. Orang korea rela menunggu semalaman di depan stadion agar tidak ketinggalan konser idolanya.

Nah, itulah tadi kebiasaan nonton konser orang Korea. Gimana sahabat Korea Lover? Patut diacungi jempol kan mereka?

Leave a Reply

twenty − four =