Korean CultureKuliner

Indonesia Ada Ngopi + Gorengan, Kalau Korea Selatan Ada Chimaek!

Korea-lover.com – Nonton, bergosip, nge-drakor atau sekedar kelaparan di tengah malam sudah pasti yang dicari pertama adalah camilan. Umumnya kalau di negara kita lebih suka minum kopi yang disandingkan dengan gorengan. Rasanya nikmat sekali kalau disajikan saat nonton bola atau dipagi hari. Bahkan kalau nongkrong dengan teman juga bakal seru. Nah, kalau di Korea Selatan gimana nih? Rupanya mereka juga punya tradisi sendiri. Namanya chimaek!

Apa Itu Chimaek Dan Kenapa Jadi Populer

 

Berawal Dari Tradisi Minum

Orang Korsel sudah sejak lama punya tradisi minum. Kalau kalian lihat di sejumlah drakor, tradisi minum ini kerap terjadi di pinggir jalan, warung atau bahkan di rumah. Kebanyakan minuman yang disajikan adalah soju, arak asli Korea. Minuman ini pun juga harus didampingi snack yang populer dengan sebutan anjoo, makanan kudapan mulai dari ayam, sosis, ikan, hingga buah sekalipun. Intinya biar minum soju rasanya jadi jauh lebih nikmat.

Lalu Apa Hubungannya dengan Chimaek?

Chimaek merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata ‘chi’ (ayam) dan ‘maek atau maekju’ yang artinya beer Korea. Istilah ini sudah populer sejak 2002, dimana mereka menjadi tuan rumah piala dunia bersama Jepang. Jadi masrayakat di sana saat itu kerap minum beer dan ayam goreng sebagai pendampingnya. Kembali pada tahun 2010, berdasarkan berita yang dimuat di BBC 22 Juni 2015, chimaek menyebar dan begitu viral.
Jadi, bagi orang Korea Selatan, chimaek lebih mengarah kepada tradisi nasional. Bahkan ini dijadikan cara untuk melepas penat.

Ayam Goreng Seperti Apa Yang Disajikan?

cara memasak dakgalbi

Ada sejumlah menu ayam goreng yang difavoritkan masyarakat sana. Kombinasinya pun juga unik, antara lain:

  • Tongdak – ayam bakar utuh (1 ekor)
  • Sutbul Chicken – memasak ayam dengan api dari arang
  • Sunsal – ayam tanpa tulang
  • Yangnyeom – ayam pedas asam manis yang sudah di potong-potong
  • Padak – ayam yang dimasak dengan bawang

Sebenarnya tidak ada patokan khusus ayamnya harus seperti apa. Cuma mereka umumnya kerap pakai ayam goreng dengan rasa-rasa tertentu.

Nah, bagaimana? Mau coba nge-chimaek juga? Sediakan beer juga ya. Atau mungkin mau minum kopi sambil makan ayam goreng? Yang ada kalau anak kosan dikasih sambel sama nasi. Jadinya makan lalapan.

Sumber:

CNN and Crazy Korean Cooking

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

one × three =