Korean Culture

Ini Serunya Festival Chuseok Korea Selatan! Banyak Makanan! (With Video)

Chuseokchuseok (sumber medium.com)

Korea-lover.com – Autum boleh jadi sudah lewat, tapi perlu lah tahu sedikit tentang festival Chuseok Korea Selatan.

Chuseok (hari bulan purnama) atau juga biasa disebut Hangawi (musim gugur). Nah, hari-hari Chuseok ini juga dikenal sebagai hari musim panen dan hari libur nasional. Jadi liburnya selama Chuseok yaitu 3 hari.

Chuseok
chuseok (sumber medium.com)

Nah, karena festifal ini bermakna musim panen, tentu saja perayaannya juga besar dan dilaksanakan pada hari ke-15 di bulan ke-8 kalender lunar atau lebih seringnya jatuh di musim gugur. Wah, kalau ini berhubungan dengan festival panen, pastinya bakal banyak hal seru kalau Oktober ke sana. Ada yang belum rasain?

Tapi jangan khawatir, ada banyak festival seru selain festival Chuseok Korea Selatan ini.

Kayak tahun 2018, ada Olimpiade PyeongChang dan ada Visa gratis!

Apa yang Menarik dari Festival Chuseok Korea Selatan?

Apa Sih Makna dari Festival Ini?

Chuseok diselenggarakan dengan cara berpesta makanan sebagai ucapan terimakasih kepada dewa atas hasil panen yang melimpah. Uniknya festifal ini juga bebarengan dengan negara lain seperti festival musim gugur di Tiongkok, Vietnam dan juga Jepang daerah Tsukimi.

Waktunya Pulang Kampung

Kalau di jaman sekarang, festival Chuseok adalah waktu yang tepat untuk pulang kampung. Besoknya, mereka akan berziarah, merapikan makam dan tanaman.Tidak hanya itu, mereka juga akan memberikan suguhan aneka buah, minuman dan makanan sebagai bentuk rasa syukur atas panen. Yang pasti ada tradisi sungkeman ke yang lebih tua. hahaha

Apa Makanan Istimewa Saat Chuseok?

Makanan yang dihidangkan saat Chuseok (sumber foodrepublic.com)

Makanan tradisional yang biasa dikonsumsi selama festival Chuseok Korea Selatan yaitu songpyeon. Songpyeon ini merupakan kue beras manis yang dibentuk seperti separuh bulan dan dibuat bersama biji wijen, kacang pinus dan kastanye.

Disamping itu, orang Korea juga makan pan cake,namanya Jeon. Cara buatnya bisa variatif banget. Bisa diisi zucchini,udang, daging, jamur, ikan dan lainnya. Tapi yang palig populer terbuat dari Kimshi dan bawang. Sementara sausnya terbuat dari cuka dan saus kedelai. Oh ya, saat festifal Chuseok Korea Selatan ini, mereka juga makan buah pir. Wajib yang ini!

Menunya Banyak Banget

Jadi karena di sana wajib berkumpul bersama, masakannya otomatis banyak banget. Biasanya anggota keluarga yang tertua atau anak pertama yang wajib menyiapkan segala keperluan festival. Terlebih sajian untuk leluhur.Makanya para wanita suka kerepotan kalau festival ini tiba. Mereka harus menyiapkan banyak hidangan untuk keluarga.  Jadi bisa seharian masaknya. Mulai dari nasi, sup panas, lauk-pauk, kue beras Korea, ikan, kastanye, daging dan juga berbagai minuman treadisionalnya.

Kalau Festival Korea Chuseok Ngapain Sih?

Festival Chuseok di Korea Selatan
Permainan yang sering dimainkan saat Chuseok

Kalau di masa lalu, orang Korea pasti pakai Hanbok saat kunjungi orangtua dan sanak saudara. Mereka juga berdoa di bulan purnama demi kesejahteraan dan kesehatan keluarganya. Disamping itu, orang Korea memainkan permainan tradisional juga.

Hhehe… ini kesannya jadi sedikit kayak lebaran ya? Soalnya pada mudik.

Leave a Reply

ten + ten =