Korean Culture

Fakta Bulan Ramadhan di Korea Selatan, Berbeda Loh Dengan di Indonesia!

Fakta Bulan Ramadhan di Korea Selatan

Korea-lover.com – Bulan Ramadhan merupakan bulan dalam agama Islam yang dalam waktu tersebut mewajibkan seluruh umat Islam untuk berpuasa satu bulan lamanya. Jika di Indonesia, karena mayoritas umatnya beragama Islam, maka ada banyak tradisi yang memang sudah menjadi umum dilakukan di Indonesia seperti Sholat tarawih yang dilakukan di banyak masjid atau musholla, juga tradisi tadarrus Al Qur’an yang mungkin setiap hari terdengar di telinga kita selama bulan Ramadhan. Namun bagaimana tradisi bulan Ramadhan di Korea dengan umat muslim yang minoritas?

Baca Juga 3 Daftar Mushalla dan Masjid di Korea Selatan yang Bisa Kamu Hampiri

Berbagai Macam Fakta Bulan Ramadhan di Korea Selatan yang Wajib Kamu Tahu

Kurang Mengetahui Tentang Ramadhan

Fakta Bulan Ramadhan di Korea Selatan

Di Korea Selatan ada sebagian besar masyarakat yang kurang mengetahui tentang bulan Ramadhan dan berpuasa. Oleh karena itu di sana toko-toko dan restoran tetap buka seperti hari biasa. Banyak orang Korea akan heran jika kamu tidak makan dan minum di siang hari.

Masjid Ramai Ketika Ramadhan

Fakta Bulan Ramadhan di Korea Selatan

Korea Selatan jumlah masjid sangat jarang. Masjid-masjid tersebut akan sangat ramai jika pada bulan Ramadhan. Masjid yang paling ramai dikunjungi adalah masjid Central Seoul. Jadi jika bulan Ramadhan masjid tersebut akan penuh sejak subuh sampai malam. Terasa sekali bukan suasana Ramadhan di Korea Selatan?.

Puasa 17 Jam Lamanya

Fakta bulan Ramadhan di Korea Selatan selanjutnya yaitu kamu akan merasakan berpuasa dengan waktu 17 jam. Akhir-akhir ini bulan Ramadhan seringkali bertepatan dengan musim panas yang suhunya bisa mencapai 25 sampai 38 derajat celcius. Berbeda dengan di Indonesia kita hanya bisa berpuasa selama 13 jam saja. Wah sangat terasa bukan?

Bulan Berkumpulnya Umat Muslim di Korea

Karena merupakan Negara dengan umat muslim yang sedikit, maka tak jarang umat muslim disana akan berkumpul dan menjalin tali silaturrahmi. Misalnya untuk berbuka puasa bersama hingga ada kajian agama dan membuat acara-acara yang bernuansa keagamaan.

Tradisi Sayembara MTQ Masyarakat Muslim Korea

KMF (Korean Muslim Federation) memiliki tradisi yang dilakukan setiap bulan Ramadhan yaitu mengadakan sayembara MTQ di masjid Central Seoul setiap hari Jum’at, hal ini dilansir dari situs salamkorea.com. kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar umat islam di Korea.

Jadi sebelum kamu traveling ke Korea selatan di bulan puasa, ada baiknya kamu mengetahui fakta bulan Ramadhan di Korea Selatan.

Leave a Reply

19 − 13 =