Kuliner

Cara Membuat Kimchi Sederhana Ala-ala Lidah Indonesia

Cara membuat kimchiKimchi dari sawi (sumber gambar: Sura Korean Cuisine)

Korea-lover.com – Menurut sahabat Korea Lover, makanan yang paling sering dilihat di Drakor dan paling pengen dicoba apa ya? Yaps! Kimchi! Nah, kalian sudah ada yang pernah makan Kimchi belum?

Sebenarnya, makanan ini mirip asinan.  Kimchi yang disajikan di drakor yang kita tonton kebanyakan bahan bakunya terbuat dari lobak putih atau sawi. Karena sayuran ini difermentasikan, makanan ini sedikit berbau tajam. Pokoknya khas banget deh. Tapi sebenarnya ada banyak jenis Kimchi di Korea. Cuma sekarang kita bahas yang mudah-mudah dulu yaps.

cara membuat kimchi
Sumber gambar: South China Morning Post

Kalau kalian penasaran pengen bikin Kimchi sendiri di rumah, mudah kok sebenarnya. Nggak mahal-mahal. Sekarang banyak sekali cara membuat Kimchi yang sudah dimodifikasi sehingga lebih cocok ke lidah kita.

Untung aja, kita nemu resep Kimchi sederhana dari situs Liputan6. Coba yuk!

Bahan Baku:

1 buah sawi putih yang dicuci bersih
1/2 sdt kecap ikan
garam (sesuai selera)
1/2 sdt jahe parut
1/2 sdm bawang putih parut
1 sdm sari jeruk lemon
1 sdm cabai giling
1 sdt cabai bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat Kimchi Korea Sederhana

  • Setelah semua bahan dan bumbu sudah siap, bersihkan sawi putih dengan mencucinya helai demi helain kemudian tiriskan.
  • Taburkan garam pada setiap helai sayur sawi dan letakkan dalam wajan. Setelah itu, diamkan selama 6 jam. Jangan lupa ditutup yah.
  • Campur cabai giling, bawang putih, cabai bubuk, jahet parut, air jeruk, garam dan kecap ikan di tempat lain. Aduk semuanya dan sisihkan.
  • Nah, sawi yang sudah didiamkan 6 jam tadi sisihkan. Setelah itu olesi dengan campuran bumbu tadi setiap helainya secara merata.
  • Kemudian, rendam sawi putih tadi yang sudah diberi bumbu selama semalam.
  • Kimchi sudah siap dihidangkan keesokan harinya. Cara penyajiannya juga mudah. Cukup dipotong sesuai selera lalu sajikan bersama mie instan atau lainnya sesuai selera kalian.

Selamat mencoba cara membuat Kimchi sederhana di atas yah! Semoga berhasil. Kalau sudah berhasil kasih tahu kita kreasi kalian.

Leave a Reply

one × two =