Kuliner

Cari Makanan Pendamping Gosip Bareng Temen? Yuk Lihat Cara Memasak Dakgalbi!

Semi-semi Sabu-sabu Ya, Dimakan Sambil Masak

cara memasak dakgalbi

Korea-lover.com – Dakgalbi adalah ayang panggang pedas dengan citarasa manis gurih yang selalu ada di setiap suasana. Makanan ini buat orang Korea sering dijadikan suguhan saat berkumpul bersama. Kalau pesan di restoran Korea Selatan, dakgalbi disuguhkan bersama makanan pendamping lainnya. Sayangnya, makanan ini jarang dibuat di Indonesia. Tapi kalian bisa pelajari cara memasak dakgalbi dari dapur Maangchi ini.

Cara Memasak Dakgalbi

1 pound dada ayam
3 sendok makan saus kacang kedelai
10 siung bawang putih cincang halus
1 sendok makan jahe cincang
1/4 cangkir pasta cabe (gochujang)
1/3 cangkir gochugaru
1/2 cangkir wine (mirim) atau bisa diganti larutan gula (1/2 cangkir air dan 1 sendok teh gula)
1/2 sendok teh lada hitam
1 pound kol yang dicuci dan dibentuk lembaran
1 cangkir bawang merah dicincang
1 cangkir kue beras, potong panjang
1 cangkir ubi yang dikupas lalu diiris
1/2 cangkir wortel
2 cabe hijau
2 lusin daun perilla

Cara Memasak Dakgalbi Paling Mudah

  • Masukkan dada ayam cincang ke dalam baskom lalu campur dengan saus kedelai dan lada hitam/ Pisahkan
  • Siapkan saus lalu campurkan dengan saus cabai, jahe, bawang putih, remahan cabe kering, saus kacang kedelai (2 sendok), larutan gula atau mirim. Aduk semua sampai rata. Boleh juga diblender biar mudah.
  • Siapkan papan untuk memanggang daging. Ratakan sayur kol di panggangan lalu tambahkan bawang merah, cabe hijau, wortel, kue beras dan ubi manis.
  • Letakkan daun perilla di atas, kemudian taruh daging ayam di tengah, tepat diatas daun perilla. Setelah itu, siram dengan saus.
  • Tutup dan masak dakgalbi dengan api panas selama 2-3 menit. Kemudian aduk dengan sendok kayu sehingga sausnya bisa rata.
  • Kecilkan api menjadi sedang dan panaskan terus sampai 20 menitan atau sampai matang sambil tetap diaduk rata.
  • Nah, cara menikmatinya sedikit berbeda. Kamu bisa langsung makan menu ini sambil dimasak dimulai dari kubis dulu, lalu kue beras, ayam dan ubi manisnya. Sambil makan, jangan lupa tetap nyalakan api dan aduk-aduk pelan-pelan sambil gosip dengan teman kamu. Awas ya, karena panas jadi harus hati-hati. Ketika sudah masak semua, matikan api.
  • Kalau sudah masak semua, kasih aja irisan kimchi dan aduk diatas api kecil. Yang sajian terakhir enak banget dan paling lezat.

Leave a Reply

twelve + 3 =