Korean Culture

Cara Bersantap Gaya Korea ~ Jangan Comat-Comot Ya!(Table Manner)

Makan Ala KoreaTata cara makan ala Korea (Sumber gambar:Sportourism.id)

Korea-lover.com – Sahabat K-lovers, yang bikin ketagihan waktu nonton drakor salah satunya emang masakan Koreanya. Paduan sayur, daging dan kuah panasnya serasa bikin ngiler dan pengen ikut nyoba. Iya, kan? Tapi sebenarnya tidak terbatas soal ini saja. Ada  lagi hal menarik yang bisa dipelajari. Ternyata, mereka masih menjunjung tinggi adab makan, terutama saat ada acara bertemu keluarga atau diundang oleh orang yang lebih tua. Ternyata kita tidak boleh sembarangan loh comot sana-comot sini, dan cara bersantap gaya Korea ini ternyata unik.

Kalau kamu mau berkunjung ke sana dalam waktu yang relatif lama,otomatis kamu akan berinteraksi dengan warga sana. Artinya, kamu bakal menerima undangan makan bersama. Agar tidak jadi korban culture shock, tidak ada salahnya kalau kamu belajar juga tata cara makan ala Korea ini. Ini juga tidak akan membuatmu malu, tapi kamu akan dihargai karena mau bersusah payah mempelajari budaya mereka.

Cara Bersantap Gaya Korea yang Wajib Kamu Tahu

Jangan Lupa Ucapkan “Jalmukesumneda”

Makan Ala Korea
Tata cara makan ala Korea (Sumber gambar:Sportourism.id)

Kalau kamu nanti dapat jamuan makan di sana, ucapkan ‘Jalmukesumneda’ sambil menghadap makanan yang akan disantap ya. Ini sebagai bentuk rasa hormat dan terima kasih kamu pada orang yang berbaik hati mau undang. Artinya kata ini adalah “Saya akan makan dengan baik”. Ucapan ini adalah hal wajib, terutama bila ada orang yang lebih tua. Selain itu, salam ini juga sebagai bentu terima kasih pada yang sudah memasakan masakan.

Kalau sudah selesai makan, jangan lupa ucapkan “masegaemugusuyo” yang artinya “Terimakasih atas hidangannya”.

Persilahkan yang Lebih Tua Makan

cara makan ala Korea
Dulukan Yang Tua

Kalau sah mengucapkan ucapan pembuka sebelum makan, bila Ada orang yang lebih tua, persilahkan dia makan lebih dulu. Jangan langsung angkat sendok dan sumpit kemudian comot sana-sini.

Baca juga: Kenapa wajib nonton Hospital Ship?

Nikmati Makanannya dan Jangan Tergesa-gesa

cara makan ala korea
Di Korea jangan makan seperti orang rakus

Sama seperti aturan makan di seluruh dunia, makanlah dengan pelan dan nikmati masakannya. Jangan terburu-buru kemudin meninggalkan meja makan. Ini tidak sopan. Tapi jangan terlalu lambat juga sih. Apa lagi sampai mainin makanan di mulut. Samakan irama makan satu sama lain, apa lagi saat makan bersama orang tua.

Ingat! Dilarang Pegang Bawah Mangkuk!

Makan di sama orang Korea jangan sampai pegang mangkuknya.

Cara bersantap gaya korea memang sedikit berbeda. Mereka kebanyakan menyediakan sup sebagai hidangan utama. Su ini biasanya disajikan dengan nasi dan ditaruh di dalam mangkok. Nah, saat makan dengan mangkok, jangan sekali-kali menyentuh bagian bawah.

Jangan Rakus

Jangan rakus saat makan

Sama seperti di Indonesia, cara bersantap gaya Korea juga tidak membolehkan kita makan banyak dan rakus. Ambil secukupnya dan tidak berlebihan. Ini juga untuk kebaikan dri sendiri.

Memalingkan Muka saat Minum Soju Atau Mekju di Depan Orang Tua

Sering lihat kan anak muda di serial Drakor selalu memalingkan muka ke samping sambil minum soju? Ya,ini adalah bentuk sopan santun. Selain itu, yang lebih muda juga harus menuangkan anggur pada yang lebih tua bila diminta.

Jangan Comat-Comot

Makan ala korea
Tidak boleh comat-comot

Bagi orang Korea, sangat tabu mengambil makanan langsung. Pakailah sumpit untuk lauk yang bertekstur keras, dan sendok untuk menyendok kuah sup dan nasi. Cara bersantap gaya Korea ini memang sedikit berbeda dengan China dan Jepang, yang mana mereka memilih meminum kuah sup dari mangkuknya.

Nah,bagaimana K-Lovers? Dihapalkan kalau bisa ya. Biar nggak salah tingkah. Cara bersantap gaya Korea ini bisa dilihat di berbagai macam Drakor. Tinggal prakteknya saja. Semoga lancar ya di sana.

Leave a Reply

seventeen + seventeen =