Kuliner

Bumbu Masakan Korea Yang Proses Fermentasinya Butuh Waktu Hingga Tahunan

bumbu masakan korea

Korea-lover.com – Nggak cuma Kimchi, bumbu masakan Korea pun kebanyakan hasil dari fermentasi. Dari kecap sampai pasta cabe. Tapi justru karena difermentasi inilah, masakan Korea jadi khas dan enak di lidah siapa pun.

Bumbu Masakan Korea yang Berasal dari Fermentasi

Doenjang

bumbu masakan korea

Doenjang merupakan bumbu masakan Korea paling populer. Pasta ini terbuat dari fermentasi kacang kedelai dengan bau yang menyengat banget. Kalau di Indonesia mungking mirip tauco atau miso.

Cara membuat pasta kacang ini cukup panjang. Kacang kedelai kering yang sudah direbus dihaluskan lalu di cetak menjadi meju (blok) kemudian dijemus di bawah terik matahari. Setelah itu, permukaan meju ini diberi padi kering yang nanti akan menjadi sumber bakteri Bacillus Subtilis yang berperan besar dalam proses fermentasi.

Eits, jangan disamakan dengan tape ya. Butuh sekitar satu-tiga bulan untuk menikmatinya. Meju tadi kemudian ditempatkan di guci keramik ukuran besar yang sudah diberi air garam. Dari sini fermentasi akan terjadi lagi sehingga cairan dan bahan padat jadi terpisah. Nah, yang dinamakan Doenjang adalah hasil yang padatnya.

Ganjang

bumbu masakan Korea

Ganjang bentuknya mirip sama kecap dan memang bahan dasarnya dari kedelai hitam yang difermentasikan dulu. Kacang kedelai ini di rendam selama semalam kemudian direbus. Baru setelah itu dicetak kotak blok (meju) kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Prosesnya mirip sekali dengan pasta Doenjang.

Gochujang

bumbu masakan korea

Bentuk Gochujang mirip sambal cabe. Bedanya kalau produk Korea ini difermentasi. Rasanya pun gurih-gurih pedas. Bahannya juga mudah didapat; kedelai, bubuk beras ketan, cabe dan garam. Cuma, prosesnya ini yang membuat semua orang nggak sabar. Soalnya proses fermentasi secara tradisional saja butuh bertahun-tahun dan ditaruh di tembikar (onggi). Dan proses fermentasi ini berlangsung saat dijemur.

Saus Gochujang dipakai di hampir semua masakan Korea baik itu olahan atau sajian. Tteokbokki pun juga pakai saus ini.

Chunjang

Bumbu masakan korea

Kalau ada Ganjang, ada Chunjang! Jadi ini adalah pasta kacang hitam yang berasal dari fermentasi kedelai dengan citarasa asin. Bedanya kedelai ini diberi pewarna karamel, makanya hitam seperti kecap. Rasanya kalau dimakan secara biasa, Chunjang ini asin-pahit. Nah, kalau kamu mau bikin jjajangmyeon, saus ini wajib. Asli!

Dilihat dari prosesnya, bumbu masakan Korea di atas kayaknya rada mahal deh kalau di sini. Apa lagi yang bertahun-tahun itu.

Leave a Reply

6 + fifteen =