Wisata

Cara Survive Di Negara 4 Musim Korea, Kira-kira Berapa Suhu Di Sini?

berapa suhu di siniMusim dingin di Korea Selatan

Korea-lover.comBerkunjung ke negara empat musim seperti Korea emang seru banget. Salju, sepinya musim gugur, cantiknya bunga-bunga sampai teriknya matahari bisa dirasain di negara ini. Nah, masalahnya kita yang terbiasa tinggal di negara tropis belum tentu bisa adaptasi dengan cepat saat pergi ke sana. Alih-alih bertahan, paling banter kita bakal sering nanya, “Berapa suhu di sini?”.

Nah, biar nggak kaget waktu berkunjung pertama kali ke Korea, coba ikuti kiat bertahan di negara empat musim seperti Korea Selatan ini yuk!

Mengenal Negara 4 Musim Korea, Kira-kira Berapa Suhu Di Sini?

Musim Semi

berapa suhu di sini?
musim semi di Korea Selatan

Untuk musim semi dimulai saat awal bulan Maret hingga Mei. Musim ini adalah musim paling ideal untuk mengunjungi Korea Selatan, soalnya bunga-bunga lagi mekar (sakura, Azaleas, Forsythia, Magnolias dan Lilacs). Bunga-bunga ini akan mekar dipuncak musim semi. Suhunya juga ramah dan menyenangkan. Temperatur udaranya sekitar 7,1⁰ C – 17,8 ⁰ C. Yang perlu digarisbawahi, saat matahari sudah tenggelam, hawa mulai dingin. Jadi pas berkunjung ke Korea di musim ini jangan lupa pakai syal, kardigan dan juga topi ya.

Musim Panas

berapa suhu di sini
Musim panas di Korea Selatan

Berapa suhu di sini? Jangan kaget, suhunya kisaran 35 ⁰ C – 40 ⁰ C. Panasnya kebangetan deh. Musim ini dimulai pada bulan Juni-September. Tapi sekitar Juni-akhir Juli akan diawali dengan hujan atau biasa dikenal dengan ‘jangma’. Kalau ke sini di musim panas, jangan sampai salah kostum ya. Bawa kemeja lengan pendek, topi, kaos lengan pendek yang serap keringat serta kacamata hitam. Saking panasnya. Makanya menu-menu musim panas di sana kebanyakan ditambahin es.

Musim Gugur

suhu di sini berapa
Musim gugur di Korea Selatan

Musim gugur (Cheon-go-mabi) di Korea Selatan dimulai pada September-November. Di musim ini cuacanya juga sedikit berawan, tapi saat siang sering kali udaranya sedikit panas dan berangsur dingin saat sore dan malam. Disamping itu, tingkat kelembapan udara juga turun jadi pas banget untuk tamasya karena udara dan langit jadi bersih.

Orang korea suka sekali pergi tamasya dengan memanjat gunung atau sekedar melihat daun cantik yang berguguran. Namun karena cuacanya terkadang dingin dimalam hari, mulailah pakai pakaian yang sedikit tebal di akhir Oktober. Karena musim ini sudah mulai dingin.

Musim Dingin

berapa suhu di sini
Musim dingin di Korea Selatan

Tahu berapa suhu di sini saat musim dingin? -3 sampai -6 derajat Celcius. Ini adalah hari-hari dengan suhu terendah dengan siang yang lebih pendek, matahari yang selalu telat muncul dan tenggelam lebih awal. Di musim dingin ini ada istilah namanya Samhansaon (3 hari dingin, 4 hari hangat).

Kalau ke daerah Gangwon-do hati-hati ya, biasanya ada angin yang bertiup dari Siberia. Jadi dari awal musim dingin masuk, area ini sudah dingin banget dan hujan salju. Pastikan bawa mantel, sepatu boot, sarung, syal dan sweater biar anget. Kalau orang Korea pakai naekbok (pakaian dalam tubuh yang panjang dan menutupi tubuh). Pakaian ini terbuat dari bahan yang ringan tapi hangat.

Nah, jadi selalu cek berapa suhu di sini bila main di musim tertentu. Setelah itu siapkan perbekalan dan obat yang cukup. Siapa tahu kena masuk angin!

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

five + 19 =