Serba-Serbi

Banyak Artis Korea Bunuh Diri, Sebenarnya Serumit Apa Depresi Itu?

Jangan Dikira Depresi Sama Dengan Stress, Ya!

Banyak Artis Korea Bunuh Diri

Korea-lover.com . Jadi kita berkesimpulan kalau depresi diakibatkan oleh stres akut? Jawabannya tidak sesederhana itu. Depresi jauh lebih kompleks dan rumit. Lebih mudah kita bilang pada orang lain kita kena kolesterol ketimbang depresi. Soalnya orang yang menderita depresi itu bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan normal. Seolah tidak sakit secara fisik, namun sebenarnya orang-orang seperti sangat rapuh.

Lalu apa bedanya depresi dengan stress?

Stres dan depresi beda jauh, meskipun depresi ini bisa juga disebabkan oleh stres.Bedanya kalau orang depresi tidak bisa mengontrol dirinya dan perasaannya. Dan ia akan terus murung serta terus kehilangan harapan. Menurut para ahli pun, depresi ini juga dikarenakan oleh reaksi kimia di dalam otak lo.

Orang yang stress karena dapet IPK jelek, lalu murung kemudian dia bisa ceria lagi karena ia masih punya motivasi. Sedangkan orang depresi tidak, mereka tidak punya perasaan seperti itu. Lebih lengkapnya tentang gambaran depresi yang dialami artis Korea bunuh diri seperti ini:

Perasaan Sedih dan Kosong Terus Menerus

Artis Korea Bunuh Diri

Orang yang terkena depresi sering merasa kosong dan sedih. Kebayang dulu Jonghyun ya seperti apa. Bahkan rekan satu grupnya sangat menyesal karena tidak bisa menemaninya disaat-saat kesepian.
Anehnya lagi, orang depresi tidak bisa kalau kita menyuruh mereka “Udah lupain aja. Ayo semangat!”. Ternyata tidak semudah itu. Meskipun mereka berusaha, tetap saja perasaan itu selalu ada.

Merasa Tidak Berguna

Artis Korea Bunuh Diri

Orang yang menderita depresi sering sekali merasa tidak berguna. Baik Jonghyun dan adik Ha Jiwon, Jeon Tae Soo, tentu merasakan perasaan ini secara terus-menerus. Merasa sedih, tidak berguna dan merasa tidak punya harapan.

Kehilangan Antusiasme, Bahkan Ke Hal-Hal Yang Paling Menyenangkan

Artis Korea Bunuh Diri

Biasanya kalau orang normal akan langsung gembira banget kalau akhirnya mereka melakukan hal-hal yang disukai. Tapi kalau orang depresi berbeda. Mereka tetap saja murung dan tidak bersemangat.

Susah Tidur atau Ingin Tidur Terus

Efek dari tidak semangat tadi, orang depresi jadi lebih susah tidur. Atau sebaliknya. Rasanya ingin tidur terus karena sudah tidak ingin melakukan apa pun.

Bisikan Selalu Ingin Bunuh Diri

Keinginan untuk melakukan bunuh diri seperti yang dilakukan oleh Jonghyun juga kerap dialami oleh orang lain yang menderita depresi. Umumnya ketika kita menasehati mereka dan menuduh mereka lemah karena ingin bunuh diri, tentu saja ini tidak berefek. Yang ada mereka merasa ditinggalkan. Ini juga erat kaitannya dengan perasaan kosong, sedih, tidak punya motivasi dan juga hal lainnya yang mempengaruhi penderita. Jadi ketika seorang selalu mencoba bunuh diri ini bukan karena lemah. Tapi mereka memang berperang menghadapi hal ini.

Anggapan yang salah tentang depresi ini seringkali membuat orang normal meremehkan penderita. Dianggap lebay, lemah dan berlebihan. Padahal kenyataannya tiap hari seperti berperang.

Orang depresi, seperti yang dialami Jonghyun atau Tae Soo tidak bisa kita nasehati secara kasar, “Kamu tuh lemah. Gitu aja stres.” Tidak sesederhana itu. Bahkan diagnosa tentang depresi ini dilakukan secara khusus oleh psikolog, dan bahkan dari struktur otak kalau dilihat dari kacamata medis, memang berbeda yang mana bagian depan volumenya cenderung mengecil. Belum lagi efek hormon yang tidak seimbang. Makanya depresi dilakukan dengan dua arah terapinya. Baik secara psikologis dan medis. Tergantung diagnosanya sejauh apa.

Semoga dengan kejadian meninggalnya banyak idol Korea yang bunuh diri dan meninggal karena depresi menjadi pengalaman untuk kita.  Kalau depresi tidak sesederhana yang kita kira. Yang perlu kita lakukan adalah mendengarkan penderita, tidak meninggalkannya dan selalu memotivasinya agar gejala bisa hilang dengan berkonsultasi dan melakukan terapi.

Selamat jalan Jonghyun, dan selamat jalan Tae Soo, serta idol dan rekan lain yang menderita depresi. Kalian tidak sendirian!

Berikut adalah penjelasan sederhana tentang depresi yang diringkas dalam video.

Sumber: Psychology Today, TedTalks (video Youtube)

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

three × 3 =