Korean Culture

Yuk Pelajari 5 Adat Istiadat Korea Selatan Biar Nggak Culture Shock

Adat istiadat Korea Selatan yang Pertama: Jangan Meletakkan Sumpit Di Atas Nasi!

Adat istiadat korea selatanAdat istiadat Korea Selatan

Korea-lover.com – Menarik banget kalau bicara soal Adat istiadat Korea Selatan. Mereka punya kebiasaan yang unik dan norma kesopanan yang tinggi. Bahkan di lingkungan kerja pun mereka juga punya tata cara khusus. Salah satunya adalah seorang bos yang mengajak bawahannya minum setelah kejadian tidak menyenangkan di kantor. Bahkan ketika seseorang mau mengajak minum bersama, ini bisa diartikan sebagai tanda pertemanan.

Selain jamuan minum, masih ada banyak adat istiadat Korea selatan yang bisa kamu pelajari. Jadi ketika wisata ke sana nggak mengalami culture shock.

Fakta Menarik Adat Istiadat Korea Selatan

Saling Memberi

Orang Korea ini termasuk tahu diri. Bahkan di jaman modern seperti sekarang. Nah, ketika kita dijamu seseorang ke rumahnya, baiknya kita juga membawakan mereka hadiah. Ini sangat umum bagi orang Korea sebagai ungkapan terimakasih. Kalau di barat biasanya kita sering lihat minuman atau buku.

Yang unik untuk tradisi ini yaitu harus dibungkus rapi. Apa saja, asal jangan hitam putih warnanya. Di samping itu, orang Korea juga perhatian dengan tangan kiri. Jadi kalau kasih sesuatu pakai tangan kanan ya. Atau dua tangan lebih baik.

Adap Saat Makan Bersama

  • Di Korea Selatan ada beberapa pertauran ketat saat di meja makan. Adap-adap tersebut antara lain:
  • jangan sekali-kali mengenduskan hidung di meja makan
  • jangan meletakkan chopstick di atas nasijangan nunjuk orang dengan sumpit atau chopstick
  • jangan mulai makan dulu sebelum yang lebih tua memulainya
  • tidak sopan kalau pegang sendok dan sumpit sekaligus saat makan

Tertawa Saja Biar Tidak Malu

Kebiasaan dan adat istiadat yang menarik di Korea adalah soal tertawa. Nah, tertawa di sana tidak hanya soal humor. Tapi juga mereka lakukan untuk menutupi rasa malu dan mengendalikan emosi ketika mendengar berita buruk. Jadi kalau malu ya respon saja dengan tertawa.

Mereka Tidak Pakai “Pronoun” dalam Percakapan

Nah, orang Korea ini tidak pernah menggunakan (aku/saya/dia/mereka) kalau membiacarakan seseorang. Jadi ketika seorang lawan biacara membicarakan temannya; Jonghyun misalnya. Mereka tidak pakai “dia’ tapi lebih menyebut namanya. Namanya pun yang dipakai adalah nama belakangnya, bukan nama pertama. Kadang juga menyebut profesi untuk rekan sekantor, misal “Manager, CEO, Guru) dsb.

Adat istiadat korea selatan
Adat istiadat Korea Selatan

Membungkukkan Badan

Membungkukkan badan jadi hal yang paling sering dilakukan di Korea. Jadi ketimbang salaman, mereka justru membungkuk pada orang lain. Ini artinya sebagai bentuk hormat dan sopan santun kita pada orang lain. Nah, bungkuknya ini pun juga berbeda-beda. Bungkuk 45 derajat, 30 derajat atau 90 derajat artinya beda. Laki-laki dan perempuan juga punya cara bungkuk yang berbeda. Kalau laki-laki akan membungkuk dengan kedua tangan berada sejajar dengan kaki. Sementara perempuan akan melipat kedua tangan ke bagian depan dan mereka membungkuk.

Adat istiadat Korea Selatan ini juga sudah banyak ditampilkan di drakor. Kalau kalian jeli pasti nemu.

Leave a Reply

eight + 2 =