Kuliner

Ada Filosofi Unik Di Balik Sajian Kuliner Khas Korea, Korea Lovers Wajib Tahu!

Bibimbap

Korea-lover.com – Tahukah Kamu, sajian kuliner selalu mencerminkan budaya komunitas penyangganya yang tidak hanya berlaku di sajian kuliner Nusantara saja, melainkan juga dari berbagai negara. Salah satunya adalah kuliner khas Korea yang memiliki filosofi unik di balik sajian masakannya.

Ada Jejak Budhisme dalam Kuliner Korea

Bibimbap

Bagi orang Korea, makanan adalah sumber energi yang paling baik yang tidak hanya berkaitan dengan kekuatan fisik saja. Bahkan mereka menganggap masakan dan ilmu kedokteran tumbuh dalam akar budaya yang sama.

Sajian kuliner Korea mengandung unsur Yin dan Yang. Prinsip ini menerangkan bahwa semua hal yang tumbuh dan berkembang memiliki hubungan yang saling menguntugkan satu sama lain. Hal ini tertuang dari bahan-bahan untuk membuat masakan Korea dimana harus ada lima unsur warna utama yaitu biru, merah, putih, kuning dan hitam. Kelima warna tersebut dipercaya memiliki makna panas, asin, manis, pahit dan asam.

Sehingga tak heran jika kita sering melihat berbagai jenis makanan yang disajikan dalam waktu yang sama  dalam sajian kuliner khas Korea. Setiap menu makanan pun dianggap memiliki filosofi yang jika dipadukan dapat meningkatkan energi positif dan membangkitkan selera makan.

Sayuran Fermentasi Khas Korea

kimchi

Korea Lovers mungkin kalian sudah familiar dengan salah satu menu andalan kuliner khas Korea, yaitu Kimchi. Makanan hasil fermentasi ini pun tidak terlepas dari nilai-nilai budaya Korea. Kimchi dibuat dari bahan pokok berupa sawi putih yang di fermentasi. Fermentasi ini didiskusikan dalam aspek ilmiah di Korea sebagai makanan yang mengandung nutrisi tinggi karena meminimalisir adanya bakteri.

Budaya orang Korea sendiri memang lebih menyukai sayuran karena hampir sebagian besar dari mereka adalah vegetarian. Sehingga dalam setiap penyajian makanan tidak mungkin jika tidak ada sayuran. Pola hidup dengan makanan sehat ini terus dilestarikan penduduk Korea untuk selalu hidup sehat dan memberikan energi yang positif.

Terlepas dari bagaimanapun filosofinya, setiap negara memang memiliki makna-makna yang unik dibalik apapun yang mereka sajikan.

Leave a Reply

11 + 11 =