K-Pop

7 Fakta ‘Sour Candy’, Kolaborasi Lady Gaga dan BLACKPINK yang Curi Perhatian Dunia

sourcandy lady gaga blackpink

Korea-lover.com – Siapa yang tak kenal Lady Gaga? Penyanyi eksentrik dunia itu baru- baru ini membuat kejutan dalam album keenamnya yang bertajuk ‘Chromatica’. Album tersebut dirilis pada 29 Mei 2020 lalu. Lalu apa sih yang mengejutkan? Ternyata di dalam albumnya tersebut terdapat single kolaborasi dengan girl group asal Korea Selatan yang saat ini tengah naik daun, BLACKPINK. Single yang diberi judul ‘Sour Candy’ itu berhasil mencuri perhatian dunia dan disebut sebagai kolaborasi musisi yang paling dinantikan. Penasaran? Simak yuk fakta- fakta menarik tentang single terbaru mereka!

Langsung jadi trending di Itunes, Youtube, dan Twitter

‘Sour Candy’ awalnya diunggah di akun Youtube pribadi milik Lady Gaga. Dilansir dari Forbes, single ini langsung menjadi trending teratas Youtube dengan 21,8 juta viewers hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam setelah dirilis. Tak hanya itu, ‘Sour Candy’ juga berhasil menduduki peringkat #1 chart Itunes di 52 negara, melengserkan ‘Lathi’ milik Weird Genius. Tak ketinggalan, tagar #SourCandy menjadi trending topic pertama di Twitter. ‘Sour Candy’ sendiri merupakan single ketiga yang dirilis dari album ‘Chromatica’. Sebelum berkolaborasi dengan BLACKPINK, Lady Gaga telah merilis single pertama berjudul ‘Stupid Love’ dan yang kedua berjudul ‘Rain on Me’ yang merupakan kolaborasi dengan Ariana Grande.

Kolaborasi kedua BLACKPINK dengan musisi internasional

Ketenaran girl grup K-Pop, BLACKPINK, di dunia rupanya telah menarik perhatian kalangan musisi internasional. Single ‘Sour Candy’ ini rupanya menjadi kolaborasi kedua BLACKPINK dengan penyanyi asing. Sebelum ‘Sour Candy’, BLACKPINK berhasil ambil bagian dalam album deluxe milik Dua Lipa. Pada album tersebut, mereka bekerja sama dalam single ‘Kiss and Make Up’ yang dirilis pada Oktober 2018 lalu. Single ini sukses menarik beragam reaksi dari para penggemar. Wah, pantas saja Mother Monster juga tertarik berkolaborasi dengan mereka ya.

Lady Gaga tawarkan kolaborasi secara pribadi

Sama seperti Dua Lipa, Lady Gaga juga berinisiatif menawarkan kolaborasi pada BLACKPINK. Dalam wawancaranya dengan media hiburan Jepang TV Groove pada 27 Mei lalu, Gaga bercerita tentang asal- usul ‘Sour Candy’. Ia mengungkapkan bahwa dirinya sendirilah yang menghubungi BLACKPINK dan bertanya apakah mereka ingin membuat lagu dengannya. Ternyata Jisoo, Rose, Lisa, dan Jenny menyambut antusias tawaran pelantun Telephone tersebut sehingga terjadilah projek kolaborasi mereka. Gaga juga menambahkan kalau ia mendukung sosok wanita tangguh seperti BLACKPINK.

Pecahkan beberapa rekor terbaru

Kolaborasi epik antara Lady Gaga dengan BLACKPINK rupanya telah memecahkan beberapa rekor terbaru. Dikutip dari Forbes, pada hari pertama perilisan, BLACKPINK menjadi girl group pertama yang membuat debut terbesar di Spotify. Lagu ‘Sour Candy’ tersebut menduduki peringkat 6 di global chart Spotify dan telah diputar sebanyak 3.67 juta kali. BLACKPINK juga berhasil menjadi girl group pertama yang lagunya meraih peringkat #1 di chart iTunes di 52 negara. Sedangkan di Youtube, kolaborasi antara Lady Gaga dan BLACKPINK ini berhasil menggeser kolaborasi wanita terbesar yang selama ini dipegang oleh Ariana Grande, Miley Cyrus, dan Lana Del Rey dalam single ‘Don’t Call Me Angel’. Dilansir dari Koreaboo, ‘Sour Candy’ sukses menjadi lagu oleh penyanyi wanita yang paling banyak dilihat dalam kurun waktu 24 jam. Rekor ini sebelumnya diraih oleh Selena Gomez pada 2017 lalu dalam single-nya yang berjudul ‘Fetish’. Dan rekor terakhir yang diraih dari kolaborasi ini yaitu BLACKPINK menjadi girl group Korea pertama dalam sejarah yang lagunya memuncaki tangga lagu di iTunes Inggris. Daebak, ternyata ‘Sour Candy’ sukses besar ya.

Kolaborasi dwibahasa

Lagu ‘Sour Candy’ diproduksi oleh produser lagu terkenal yang berhasil memproduseri lagu- lagu milik Justin Bieber dan Ariana Grande, siapa lagi kalau bukan Bloodpop & BURNS. Sementara ‘Sour Candy’ yang dibawakan oleh Lady Gaga dan BLACKPINK ini liriknya ditulis dalam dwibahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Korea. Gaga juga mengajak Rami Yacoub, Madison Emiko Love, dan Rapper Teddy Park dalam menulis lagu ini. Dalam wawancaranya bersama media Jepang TV Groove, Gaga mengungkapkan kalau mereka lumayan enjoy selama proses penulisan lirik yang centil namun lugas tersebut. Ia mengagumi kecerdasan member BLACKPINK dalam menulis lagu dan menganggap lirik mereka sangat kreatif. Lirik ‘Sour Candy’ sendiri berkisah tentang seseorang yang ingin mengungkap jati dirinya yang sebenarnya jika ia diberi waktu yang tepat. Seseorang tersebut bisa saja terlihat keras dari luar namun sangat berbeda di dalam. Walaupun orang itu menganggap dirinya kacau, ia mengerti tentang cinta dan selalu menjadi dirinya sendiri.

Teori fans tentang pembuatan video musik

Dirilisnya single ‘Sour Candy’ oleh Lady Gaga dan BLACKPINK telah mendapat sambutan hangat dari warga dunia khususnya fans mereka, Little Monster dan Blink. Mereka sangat bahagia dan menyebut kalau kolaborasi mereka telah lama ditunggu- tunggu. Tak heran mereka selalu mengikuti perkembangan lagu ini sejak dari hari pertama dirilis. Namun ada hal menarik yang mereka temukan. Mereka berkesimpulan bahwa Lady Gaga dan BLACKPINK akan merilis musik videonya.

Hal ini ditemukan dari Instastory milik Gaga pada 22 Mei lalu. Gaga mengunggah gambar tangkapan layar ponselnya tentang ramalan cuaca dalam tema Chromatica, album terbarunya. Dalam unggahan tersebut, ia memberi emoticon dua emoji selebrasi pada hari Selasa dan Rabu. Baru setelah pada 28 Mei kemarin ‘Sour Candy’ dirilis, fans yang mulanya tidak terlalu memperhatikan story tersebut pun langsung beranggapan bahwa emoji selebrasi yang menunjukkan angka- angka cuaca itu merujuk pada durasi lagu ‘Sour Candy’ yaitu 2 menit 37 detik. Mereka juga menyebut bahwa kemungkinan besar ada kejutan di hari Selasa, 2 Juni 2020, seperti perilisan video musik. Teori mereka ini diperkuat dengan unggahan salah satu member tertua BLACKPINK, Jisoo. Sehari sebelum ‘Sour Candy’ dirilis, Jisoo mengunggah selfie dirinya yang mengenakan sweater bertuliskan ‘Tuesday’. Benarkah akan ada video musik dari mereka? Kita tunggu saja ya.

Lady Gaga bangga jadi member ke-5 BLACKPINK

Masih dalam wawancaranya bersama media hiburan Jepang TV Groove, Lady Gaga bercerita bahwa mereka saling mendengarkan lagu mereka dan menjadi penggemar satu sama lain. Ia juga terkesan ketika mendengarkan suara Jisoo, Rose, Lisa, dan Jenny dalam lagu ‘Sour Candy’. Gaga memuji mereka adalah para wanita yang cantik dan sangat berbakat. Pelantun Paparazzi tersebut menambahkan bahwa ia bangga menjadi member ke-5 BLACKPINK dalam ‘Sour Candy’.

Setelah mengetahui fakta- fakta tentang kolaborasi akbar antara Lady Gaga dan BLACKPINK, apakah kamu tertarik mendengarkan lagunya? Sekali lagi, selamat ya untuk kesuksesan ‘Sour Candy!

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

1 × two =