Film

6 Film Sedih Korea Yang Paling Sukses Bikin Penonton Nangis Sampek Ingusan

Korea-lover.com – Buat yang fanatik sama drakor, kayaknya skip dulu karena kali ini Mimin bakal ulas film sedih Korea yang sukses bikin penonton nangis bombay. Serius deh! Siap-siap tisu deh. Nah, dari daftar berikut, mungkin kalian ada beberapa judul yang belum sempet ditonton. Cekidot yaw!

Kumpulan Film Sedih Korea Yang Bikin Kamu Makin Galau

The Way Home

film sedih korea

Aduh film ini jauh banget sama film mainstream dengan artis cantik dan ganteng. Serius plotnya bagus banget. “The Way Home” ceritain nenek dan cucunya bernama Sang Woo. Jadi ceritanya si nenek ini bisu dan sangat tua, plus tinggal di desa. Dan si cucu adalah anak kota yang tengil dan manja.

Suatu hari, Sang Woo yang masih berusia enam tahun ini dibawa ke desa agar ibunya fokus pada pekerjaan. Tentu saja, Sang Woo sangat benci desa, dan juga neneknya. Tidak ada fried chicken, tidak ada mainan keren, dan intinya tinggal di desa itu membosankan. Apa lagi toiletnya! Aduh!

Di sinilah sisi humanis film ini. Sang Woo mau tidak mau harus menyesuaikan kehidupannya di desa. Termasuk kawan bermainnya yang aneh. Akhirnya, lama terbiasa tinggal di desa, Sang Woo tidak senang kalau ia harus balik ke kota.

Buat kamu yang belum pernah nonton “The Way Home”, wajib banget nonton! Ini memang film lama tahun 2002, tapi ceritanya tak lekang oleh waktu. Siap-siap nangis sampek ingusan ya.

A Moment To Remember

A Moment To Remember

“A Moment To Remember” juga film Korea lawas, 2004. Tapi film ini sangat menyentuh dan romantis. Film ini berkisah tentang Kim Su Jin dan Choi Chul Soo yang notabene saling jutuh cinta  ketika bertemu di toko. Pucuk dicinta ulam pun tiba, dua sejoli ini pun menikah.

Kebahagiaan mereka kemudian sirna seketika saat Su Jin terkena penyakit Alzheimer. Nah, alur film ini kemudian difokuskan pada momen-moment Su Jin yang tiba-tiba lupa siapa suaminya, hingga moment ia justru jatuh cinta lagi dengan mantannya. Sangat tragis saat suaminya begitu cinta istrinya, ia harus menyaksikan belahan hatinya sering lupa akan kehadirannya. Disinilah kekuatan cinta mereka diuji.

Lump of Sugar

Lump of Sugar

A Lump of Sugar dirilis pada tahun 2006. Film ini mengisahkan sebuah persahabatan haru biru antara anak gadis dengan kuda kesayangannya. Ceritanya sangat manis dan mengurai air mata.

Si Eun adalah tokoh utama film ini. Meskipun terlahir dari anak peternak miskin, Si Eun punya cita-cita yang tidak biasa, yaitu menjadi joki kuda. Karena ibunya meninggal saat melahirkannya, tak ayal bila satu-satunya sahabat yang ia miliki adalah kuda kesayangannya, bernama “Chun Doong”. Bagi gadis ini, Chun Doong bukan hanya sekedar teman, tapi belahan jiwa. Ia memiliki ikatan yang kuat sebagai seorang pemilik binatang.

Sayangnya, pada suatu hari ia harus menerima kenyataan bahwa “Chun Doong” akhirnya dijual. Hal ini benar-benar membuat Si Eun patah hati, hingga dua tahun kemudian takdir mempertemukan mereka kembali secara kebetulan, sampai akhirnya mereka berusaha mencari keajaiban dengan mengikuti kompetisi pacuan kuda.

Miracle In Cell No. 7

Miracle In Cell No. 7

Meskipun film ini dikategorikan drama komedi, film yang dirilis tahun 2013 ini juga menguras air mata. Kemasannya sangat witty dan membuat air mata penonton tak terasa mengalir.

“Miracle in Cell No. 7” bercerita tentang seorang ayah bernama Yong Goo yang mengalami cacat mental dan menjadi korban hukum dimana ia dituduh melakukan pemerkosaan dan pembunuhan. Dengan tuduhan ini, ia dituntut hukuman mati atas kesalahan yang tidak pernah ia buat. Sementara ia dijebloskan ke penjara, putrinya harus dirawat di child care.

Selama di penjara, secara kebetulan ia menyelamatkan rekan satu selnya, So Yang Ho. Karena hal inilah Yang Ho berjanji akan membantunya, apa pun yang ia mau. Namun, keinginan Yong Goo hanyalah ingin bertemu gadis kecilnya, Ye Seung.

Atas alasan ini, Yang Ho berusaha membantu Yong Goo dengan bantuan rekan tahanan lainnya agar bisa bertemu dengan gadisnya.

Han Gong Ju

Han Gong Ju

Han Gong Ju ditayagkan di bioskop pada tahun 2013. Film ini menguras emosi karena menceritakan ketidakadilan terhadap seorang gadis.

Han Gong Ju, adalah gadis korban insiden gang rape (pemerkosaan) yang dipaksa keluar oleh sekolahnya karena tekanan orangtua para siswa. Dengan kondisi ini, tentu saja Hang Gong Ju mengalami trauma berat dan sakit hati atas perlakuan orang sekitar. Akhirnya, ia pun terpaksa pindah ke tempat baru dan berusaha move on dari atas apa yang terjadi. Sayangnya, hal ini sirna. Mantan teman sekelas dan orangtuanya ikut mempermalukannya dengan membuka aib masa lalunya. Hal ini menghancurkan hidup Han Gong yang baru saja move on dan ingin hidup damai dengan orang-orang baru di hidupnya.

Old Boy

Oldboy

Old Boy merupakan salah satu film lawas yang layak banget kamu tonton karena plotnya yang ciamik. Film yang rilis tahun 2003 ini tayang di 57th Cannes Film Festival loh yang mana juga memenangkan Grand Prix waktu itu. Jarang-jarang film Asia menang penghargaan bergengsi begini. Oh ya, tahun ini ada sih, judulnya “Parasite”, sudah pernah Mimin ulas sinopsisnya.

Oh ya, Old Boy ini merupakan seri ke-dua dari triloginya. Dua diantaranya berjudul Sympathy for Mr. Vengeance (Seri ke-1) dan Sympathy for Lady Vengeance (seri ke-3).

Oh Dae Su merupakan seorang pebisnis normal yang hidup bersama istri dan putrinya yang masih kecil. Suatu hari, ia mabuk dan tiba-tiba ia terbangun di sebuah tempat asing dan terpenjara di sana selama 15 tahun. Tidak ada seorang pun yang memberitahukan kenapa ia berada di sana, dan siapa yang menjebloskannya ke tempat itu. Sendiri ditempat ini, ia hanya ditemani TV dan disitulah ia menghabiskan hari-harinya.

Suatu ketika, ia akhirnya menemukan sebuah ulasan bahwa dirinya sudah di-frame sebagai pembunuh istrinya. Ia pun baru menyadari kalau saat itu ia dipukul dan seseorang mengambil darahnya kemudian ditinggalkan di TKP. Hingga, 15 tahun kemudian ia sadar kalau ia dikurung di penjara.

Oh Dae Su pun akhirnya bertekad untuk menemukan siapa sebenarnya musuhnya selama ini. Beruntungnya, pria ini mendapatkan bukti pertama dari seorang gelandangan yang menunjukkan ponsel dan dompet berisi uang. Kemudian, saat ia makan di restoran Jepang, ia mendapatkan telpon pertamanya yang mengatakan kalau ia harus menemukan alasan kenapa ia sampai masuk penjara.

Dae Su pun pingsan dan ia terbangun di sebuah apartemen seorang pramusaji cantik bernama Mido. Wanita inilah yang membantunya mencari siapa musuh dibalik tragedi ini. Namun suatu ketika, ia mendapati Mi Do mengirim email ke seseorang yang misterius yang nampaknya tahu banyak soal Dae Su. Akhirnya, Dae Su pun merasa dikhianati dan ia pun memutuskan untuk mencari musuhnya sendiri.

Bukti terakhir akhirnya ditemukan, bahwa Dae Su menemukan kesimpulan kalau musuhnya selama ini adalah teman sekolahya bernama Lee Woo Jin dimana saudara perempuannya (Soo Ah) bunuh diri beberapa tahun sebelumnya.

Film ini menampilkan ketegangan dan teka-teki rumit antara Dae Su dengan musuh misteriusnya. Layak banget ditonton.

Nah, bagaimana menurut kalian? OK  kan?! Komen di sini donk film sedih lain yang bisa kalian rekomendasikan, siapa tahu Mimin belum nonton atau mungkin pembaca lainnya juga belum. Nanti biar kami update di sini.

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

13 + 3 =