Film

6 Film Bong Joon Ho Yang Mendapatkan Penghargaan Bergengsi

Film Bong Joon Ho

Korea-lover.com – Tahun 2020 menjadi tahun paling membanggakan bagi Bong Joon Hoo. Pasalnya ia dan tim “Parasite” – film fenomenal terbarunya, berhasil menyapu bersih piala Oscar. Film “Parasite” menjadi film bahasa asing pertama yang mendapatkan gelar “Best Picture”, alias ia menjadi juara umum di piala Oscar kemarin. Bong Joon Ho sendiri juga dinobatkan sebagai “Best Director” karena dianggap memberikan nuansa baru di dunia perfilm-an. “Parasite” adalah “dark comedy” yang kaya akan metafora dan ragam sindiran karena ketimpangan sosial yang sangat jauh di tengah masyarakat Korea Selatan. Sinematografinya pun dianggap sempurna dan ia memberikan “plot twist” yang mind blowing. Tak heran kalau Bong Joon Ho benar-benar mendapatkan pujian dari kalangan yang ahli di dunia perfilm-an hingga pecinta film biasnya. Bahkan mengalahkan kandidat kuat “1917”. Nah, buat kamu yang ingin membuktikan kehebatan karya film Bong Joon Ho, ada banyak sekali judul yang ternyata masuk di sejumlah nominasi ajang perfilman. Yuk simak!

Okja (2017)

Kalau kalian pernah menonton Okja, pasti setuju dengan kehebatan Bong Joon Ho dalam menyutradarai film. Khas dari sutradara ini adalah taste satire di hampir semua film yang ia buat. Termasuk Okja ini.

Okja menceritakan seorang gadis asal Korea Selatan bernama Mija dan teman baiknya, Okja – “babi super” tinggal bersama kakek di sebuah desa. Suatu hari, sebuah perusahaan makanan akhirnya mengambil ternak panen, termasuk Okja. Mengetahui hal ini, Mija akhirnya kabur mencari teman baiknya dan ia bertemu dengan Paul Dano, Lily Collins, Steven Yuen di tengah perjuangannya menyelamatkan Okja. Di film ini ada Jake Gyllenhaal dan Tilda Swinton. Film Okja ini akan menghiburmu dan mengingatkanmu dengan karya Miyazaki “My Neighbor Totoro”.

Barking Dogs Never Bite (2000)

“Barking Dogs Never Bite” adalah film pertama Bong Joon Ho. Menariknya banyak fans yang terkesima karena miripnya film ini dengan “Parasite”.

Film ini mengisahkan seorang mantan profesor yang terganggu dengan gonggongan anjing tetangga di apartemennya. Karena merasa kesal, ia akhirnya menculik anjing itu dan melakukan kekerasan pada hewan malang ini. Selain mantan profesor, masuklah Park Hyun Nam yang bekerja di kompleks apartmen. Setelah ia mengetahui hilangnya anjing ini, ia kemudian terjebak di dalam situasi yang tidak menyenangkan.

The Host (2006)

“The Host” menjadi blockbuster Korea Selatan yang pertama dan memiliki penghasilan tertinggi di saat itu. Meskipun lokasi rilis sangat terbatas, film ini mendapatkan sambutan hangat. Bahkan “The Host” berhasil masuk di daftar teratas Quentin Tarantino sejak 2012.

Di sini, pemain “Parasite”, Song Kang Ho memainkan peran seorang ayah. Putrinya diculik oleh ikan yang bermutasi.  Sayangnya, pemerintah justru mengumumkan kalau anak pria ini telah tewas dan sang ayah (Song Kang Ho) tidak percaya jika anaknya tewas dan ia berusaha keras ingin membebaskan putrinya bersama keluarganya.

Uniknya, film ini dikemas dengan cara yang tidak biasa. Bahkan karena uniknya, “The Host” pun juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan.

Snowpiercer (2013)

Film “Snowpiercer” merupakan film berbahasa Inggris pertamanya. Film ini pada dasarnya mirip dengan “Parasite” yang menyinggung kelas sosial.

Film “Snowpiercer” mengisahkan pekerja kelas bawah yang berusaha menggapai kereta bernama “Snowpiercer” di tengah musim dingin. Kereta ini menjadi satu-satunya tempat yang bisa ditinggali karena manusia gagal mencegah terjadinya global warming. Karena film ini, Bong Joon Ho berhasil menyabet “Best Director” dalam ajang Asia Pacific Film Festival 2013.

Mother (2009)

Film ini mengisahkan Kim Hye Ja, seorang ibu yang berjuang keras membuktikan anaknya (penyandang disabilitas) tidak bersalah atas pembunuhan seorang gadis. Film ini menampilkan konflik batin yang sangat epik dan dibumbuhi misteri. Alur ceritanya sangat rapi dan sinematografi yang sagat bagus. Tidak heran kalau “Mother” berhasil menyabet sejumlah penghargaan dari “best director”, “best film” dan “best screenplay” di ajang Asian Film 2010. Bahkan di Dibai International Film Festival, film ini berhasil menyabet “Best Screenplay”.

Memories of Murder (2003)

Film ini dianggap sebagai karya Bong Jong Ho terbaik setelah “Parasite” karena didasarkan pada beberapa fakta. Film “Memories of Murder” mengisahkan sepasang detektif yang dimainkan oleh aktor “Parasite“, Song Kang Ho yang berusaha melakukan investigasi pembunuhan berantai di Korea Selatan.

Film ini mengingatkan pada “Zodiac” oleh David Fincher. Film ini disetting pada tahun 80-an yang mana membuktikan talenta Bong Jong Ho dalam dunia perfilm-an.

Dilihat dari film Bong Joon Ho di atas, kita bisa menarik kesimpulan kalau ia kerap mengupas sisi marginal di kalangan masyarakat, terutama Korea Selatan. Tidak heran bila pria ini berhasil menyabet banyak penghargaan karena ia tidak hanya memainkan efek gambar, tapi ia benar-benar menggali cerita dan berusaha menyampaikan pesan. Kamu sendiri sudah menonton yang mana?

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

6 − five =