Kuliner

5 Resep Cemilan Korea, Bisa Bikin Sendiri Dirumah!

Korea-lover.com – Bagi kalian yang bosan dengan makanan cemilan yang itu-itu saja, bisa banget cobain 5 resep cemilan Korea. Bikin suasana Kamu lebih beda dengan aneka camilan khas Korea. Ada apa aja sih? Yuk, ketahui beberapa resep cemilan ala Korea yang bisa Kamu bikin sendiri di rumah.

5 Resep Camilan Khas Ala Korea yang Gampang Dibikin

Korea Selatan memang tidak hanya dikenal dari entertainment-nya saja seperti idol atau drama korea. Karena aneka jajanan atau cemilan khas Korea juga menjadi daya tarik sendiri dan banyak orang yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Buat kalian yang ingin membuat sendiri jajanan khas Korea, berikut beberapa rekomendasi makanan ringan khas Korea Selatan yang gampang dibikin:

Tokkebi

Resep Cemilan Korea Tokkebi

Tokkebi bisa dibilang sebagai jajanan tradisional Korea yang biasanya dijajakan oleh para pedagang kaki lima di Korea. Makanan satu juga sering disebut Hat Baa dalam bahasa Korea yang memiliki arti cemilan yang digoreng. Untuk membuat Tokkebi sendiri juga tidak sulit, beberapa bahan yang harus Kamu siapkan seperti 6 buah sosis, 500 gram frencg fries beku, 6 batang tusuk sate, minyak goreng secukupnya dan saus sambal/ mayonnaise.

Sedangkan untuk bahan celupnya, Kamu bisa harus menyiapkan 100 gram tepung terigu, 30 gram tepung maizena, 1 butir telur, 70 ml air, garam dan merica secukupnya serta kaldu bubuk. Untuk membuat bahan celup, Kamu bisa mencampurkan semua bahan celup dan tuangkan air sedikit lalu aduk dengan whisk. Tidak perlu mengental, karena akan digunakan sebagai perekat atau lem. Setelah itu, potong french fries beku (kurang lebih panjang 1 cm), dan setelah itu panaskan minyak goreng dan tusuk sosis dengan tusukan sate. Kemudian celupkan tusukan tadi ke adonan dan goreng pada api sedang hingga matang.

Tokkebi siap dihidangkan bersama saus sambal dan mayonnaise. Jajanan ini sebenarnya sudah banyak ditemukan di Indonesia dengan nama lokal. Tapi jika Kamu ingin mencoba membuatnya sendiri, Kamu bisa mengikuti resep tersebut.

Ddeokbokki

Ddeokbokki

Selain Tokkebi, camilan Korea lainnya yang mudah dibuat adalah Ddeokbokki atau banyak juga yang menyebut Tteokbokkui. Jika ingin membuat Ddeokbokki sendiri di rumah, ada beberapa bahan yang dibutuhkan yaitu 500 gram tteok/ kue beras, 4 gelas air, 7 ekor ikan teri ukuran sedang atau besar (buang bagian kepala dan ekor), 80 mL gochujang, 1 sdm bubuk cabai, 1 sdm gula, 3 buah daun bawang, 2 telur rebus dan 200 gram odeng (opsional).

Untuk membuat Ddeokboki, terlebih dahulu Kamu harus membuat kue berasnya terlebih dahulu. Apabila kue beras sudah siap, maka Kamu bisa melanjukan cara membuat Ddeokboki. Silahkan campurkan semua bahan untuk membuat adonan ke dalam satu wadah dan aduk secara merata. Jika sudah, rebus air dengan panci selama 15 menit hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan kue beras, bumbu saus, bawang Bombay, daun bawang, wortel dan cake. Aduk semua bahan hingga merata dan kuah menjadi mengental. Camilan ringan Ddeoboki siap untuk disajikan.

Kue Beras

 kue beras

Bagi kalian yang sering nonton drama korea, pasti sering menemukan makanan ringan yang satu ini. Kamu bisa loh membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya 300 gram tepung beras, 3 sdm minyak wijen dan 110 gram air. Semua bahan tersebut dicampur dengan air dan diaduk secara merata menggunakan tangan. Setelah itu Kamu bisa kukus adonan tersebut hingga matang. Kemudian angkat dan tambahkan adonan denagn minyak wijen agar adonan memiliki tekstur kenyal dan tidak lengket. Kamu bisa membuat adonan berbentuk lonjong dan menambahkan minyak wijen kembali.

Samsaek Namul

Samsaek Namul

Camilan Korea yang satu ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang dicampur menjadi satu. Bahan-bahan yang perlu Kamu siapkan seperti 400 gram bayam, 1 sdt garam, 1 sdr kecap asin Korea, 1 sdt bawang putih (cincang halus), 1 sdt biji wijen.

Samsaek namul adalah makanan yang terbuat dari berbagai sayuran. Bahan yang digunakan: 400 gram bayam, 1 sdt kecap asin Korea, 1 sdt garam, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt bawang puting dicincang halus, 1 sdt biji wijen. Cara membuatnya, cuci terlebih dahulu bayam hingga bersih lalu direbus. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam dalam air mendidih. Angkat dan bilas bayam dengan air dingin dan peras.

Sajikan bayam dengan garam, kecap asin, minyak wijen dan bawang putih. Kamu bisa menggunakan kombinasi dengan sayuran lainnya selain bayam. Samsaek Namul bisa jadi camilan sehat ala Korea.

Kimchi

Kimchi

Korea lovers pasti tau dong dengan cemilan khas Korea yang satu ini? Kimchi menjadi salah satu cemilan tradisional Korea yang menyehatkan. Jika kalian penasaran dengan cita rasa dari Kimchi, Kamu bisa menyiapkan beberapa bahan seperti 1 buah sawi putih, ½ bawang Bombay yang diiris tipis, ¼ wortel yang diiris memanjang, 4 batang daun bawang, 1sdt jahe parut, ¼ lobak putih diiris tipis, ½ gelas bubuk cabai Korea, gula pasir, garam, air, saus ikan dan 1 sdm tepung.

Untuk membuatnya, potong sawi putih menjadi 4 bagian. Campurkan sawi putih dengan garam secukupnya yang sudah dilarutkan dengan air lalu rendam semalaman. Besoknya Kamu bisa mencuci sawi dengan air bersih dan keringkan. Selanjutnya, rebus 1 sdm tepung dengan 1/3 gelas air dan dinginkan. Lalu campurkan tepung dengan garam, cabe korea, saus ikan korea, jahe dan bawang putih. Isi 1 potong sawi dengan campuran sayuran tadi dan sawi dilipat. Kemudian diamkan sawi selama 2 hingga 3 hari di kulkas, dan cemilan kimchi siap untuk disantap.

Kamu lebih tertarik mau bikin yang mana? Semoga informasi beberapa resep cemilan Korea seperti yang sudah disebutkan di atas bermanfaat untuk para Korea lovers yang ingin membuat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Nanik
the authorNanik
Nanik adalah penulis konten, internet enthusiast and memes collector. Ia adalah pemilik Korea-lover.com yang suka belajar hal baru dan makan streetfood.

Leave a Reply

two × two =