Korean Culture

5 Fakta Mengejutkan Pernikahan Ala Korea Selatan

Riasan pengantin Korea

Korea-lover.com – Korea Lovers, pernahkah nggak sih kalian penasaran dengan gaya pernikahan di Korea Selatan? Ternyata beda banget loh dari tradisi pernikahan di Indonesia. Di Korea Selatan, menikah dengan adat tradisional justru menjadi kebanggaan tersendiri bagi mereka. Nih, ada 5 fakta mengejutkan tentang tradisi pernikahan di Korea Selatan yang wajib Korea Lovers tahu!

Apa Sih Yang Unik Dari Pernikahan Ala Korea Selatan

Hadiah Pernikahan Berupa Uang Baru

pernikahan Korea

Tahukah kalian, di Korea Selatan jika Kamu menghadiri acara pernikahan dan ingin memberikan kado berupa uang, maka uang harus dalam kondisi baru. Termasuk juga amplop yang digunakan juga baru. Selain itu, jumlah uang yang diberikan bukan seikhlasnya seperti di Indonesia, namun sudah ditentukan berapa jumlahnya tergantung dari kedekatan hubungan dengan mempelai. Untuk saudara dekat, biasanya uang yang diberikan harus minimal 1 juta rupiah.

Tradisi Memberi Bebek atau Angsa

pernikahan ala korea

Meskipun tradisi ini sudah mulai dimodifikasi dengan memberikan hiasan angsa, namun masih banyak juga yang melestarikan tradisi ini. Memberikan angsa atau bebek hidup oleh mempelai laki-laki terhadap ibu dari mempelai wanita melambangkan kesetiaan, kemurnian dan ikatan yang dapat dipercaya.

Titik Merah di Wajah Mempelai Wanita

Riasan pengantin Korea

Jika Kamu sering menonton drama atau film Korea, mungkin pernah sesekali mendapati mempelai wanita memiliki titik merah di wajahnya pada hari pernikahan. Ini bukan kesalahan make up ya, tapi titik merah ini dipercaya dapat mengusir roh jahat pada pengantin wanita.

Lebih Menyukai Gaya Pernikahan yang Privat

Song Joong Ki dan Song Hye Kyo
Song Joong Ki dan Song Hye Kyo Akhirnya Menikah 31 Oktober 2017 (Sumber: akun Twitter @twizlswizle)

Dibanding mengadakan resepsi yang heboh dan besar-besaran, warga Korea Selatan lebih menyukai gaya pernikahan yang sederhana atau privat. Biasanya mereka hanya mengundang tidak lebih dari 250 tamu undangan.

Pesta Pasca Resepsi

taeyang bigbang wedding

Mereka juga memiliki kebiasaan unik pasca resepsi pernikahan, yakni mengadakan pesta atau party bersama teman-teman dekat. Biasanya pengantik akan menyewa suatu tempat kemudian mengadakan pesta dengan aneka minuman dan makanan.

Bagaimana menurut kalian dengan tradisi pernikahan di Korea Selatan tersebut? Unik sekali bukan?

Leave a Reply

8 − six =