Korean Culture

Hebohnya Perayaan Pepero Day di Korea, Sampai Banyak Artis yang Ikutan

perayaan pepero day
perayaan pepero day
Sumber: wowkeren.com

Korea-lover.com- Tahukah K-Lovers apa itu ‘Pepero Day’?. Kata ‘Pepero’ sendiri merupakan Merek dari snack coklat produksi perusahaan Lotte Korea Selatan. Jadi Pepero Day bisa diartikan hari pepero. Masyarakat Korea Selatan biasa merayakan perayaan ini tiap tanggal 11 November. Banyak sumber yang menyebutkan kalau bentuk pepero yang panjang dan langsing menyerupai angka 11 diidentikkan dengan tanggal 11 dan bulan 11, yang lalu dikenal sebagai hari pepero. Ketika K-Lovers berlibur ke Korea pada bulan November, hampir semua mini market, toko-toko dan supermarket banyak dipenuhi deretan kotak-kotak berwarna-warni yang berisi biscuit stik berselimut coklat. Jangan kaget, karena masyarakat Korea Selatan sedang heboh-hebohnya membuat Pepero Day.

Bagaimana asal-usul terjadinya perayaan Pepero Day di Korea?

perayaan pepero day
Sumber: koreabridge.com

Tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana awal mulanya Pepero Day muncul. Menurut berbagai sumber, Pepero Day muncul pada tahun 1983, yaitu ketika dua orang siswi di wilayah Yeongnam saling bertukar Pepero dan berharap bisa tinggi dan langsing setelah makan Pepero. Selain bentuknya yang memeng langsing, arti kata ‘Pepe’ sendiri dalam bahasa Korea adalah kurus. Ada juga yang mempercayai bahwa seseorang harus makan 11 bungkus Pepero tepat pada tanggal 11 bulan 11, pukul 11.11 pagi atau 11.11 malam agar khasiat snack tersebut manjur. Selain itu, Perayaan Pepero Day juga dipercaya sebagai salah satu taktik marketing dari perusahaan Lotte. Ceritanya pada tahun 1997, Lotte memanfaatkan cerita-cerita yang tersebar tersebut untuk tujuan promosi. Menurut laporan, jumlah penjualan Pepero meningkat drastis di hari perayaan pepero day tersebut. Karena kepopulerannya itu, banyak perusahaan yang membuat snack coklat yang mirip dengan Pepero.

Orang Korea memperingati Pepero Day seperti Valentine’s Day. Bedanya, jika Valentine’s Day tukar menukar coklat ke pasangan atau sahabat, namun Pepero Day justru tukar menukar biscuit Pepero. Meski di Korea banyak toko atau mini market yang menjual banyak pepero, namun ada beberapa yang memilih untuk membuat dan menghias pepero sendiri. Karena dengan membuat sendiri, mereka bisa membuat hiasan-hiasan sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: Arsitek Koreografi SNSD, Jay Park Hingga 2PM Datang ke Indonesia

Ternyata banyak artis yang mendukung perayaan pepero day

Sumber: soompi.com

Pada 11 November 2017 kemarin, artis Jung Eun Ji dan Jin Goo  meluangkan waktu menirukan pepero dengan jari mereka untuk para fans waktu mereka syuting drama terbaru JTBC “Untouchable”. Selain kedua artis tersebut, ada juga EXO Suho yang menyapa penggemar EXO di situs resmi EXO L pada waktu Pepero Day November tahun 2016.

Sumber: koreaboo.com

Gimana sahabat K-Lovers, ingi mencoba snack coklat pepero?. Kabarnya sih di Indonesia udah tersedia loh di minimarket atau supermarket-supermarket terdekat.

Leave a Reply

12 − 8 =